Sukses

PJK, gagal jantung, atherosklerosis

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 20 tahun.
dok saya mau nanya,, apa itu penyakit jantung koroner?, gagal jantung kongestif dan bagaiman sindrom serta etiologisnya? atherosklerosis? kapan terjadi atherosklerosis? apa faktor resiko kardiovaskular? dan adakah hubungan kolesterol dengan PJK? mohon penjelasannya ya dok,, terimaksaig banyak( perempuan, 20 thn,158 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Segala macam kondisi mengenai jantung dan kolesterol sudah terangkum di dalam Rubrik Jantung dan Kolesterol. Penjelasan mengenai Penyakit Jantung Koroner dapat anda baca di Rubrik tersebut atau di URL link :

http://jantung.klikdokter.com/subpage.php?id=2&sub=72

Apakah anda mahasiswa kedokteran? karena apabila iya maka alangkah lebih baik apabila membaca langsung dari literatur rujukan seperti dari American Heart Association (AHA). Saya akan menjelaskan saja secara garis besar.

Menurut AHA, Gagal Jantung Kongestif adalah sindroma klinis yang berasal dari kelainan struktur maupun fungsi jantung yang mengakibatkan gangguan kemampuan dari ventrikel untuk memompakan darah. Manifestasi dari gagal jantung kongestif adalah sesak, mudah lelah, retensi cairan yang dapat mengakibatkan kongesti pulmoner (paru terisi cairan) dan edema perifer (bengkak pada kaki).

Gagal jantung kongestif bukanlah suatu penyakit namun suatu sindroma atau kumpulan gejala. Gagal jantung umumnya sekunder dari penyakit dasar lainnya seperti penyakit jantung koroner, penyakit jantung rematik, penyakit jantung katup, dan sebagainya.

Aterosklerosis adalah proses deposit atau penumpukan substansi lemak, kolesterol, produk sisa metabolisme, kalsium, dan substansi lain yang terjadi pada pembuluh darah arteri. Penumpukan produk-produk tersebut dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan yang fatal terjadi pada pembuluh darah koroner yang menyuplai asupan nutrisi dan oksigen jantung.

Apabila terdapat penyumbatan pada pembuluh darah koroner maka akan berlanjut menjadi Penyakit Jantung Koroner (PJK). Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko PJK. Ini adalah garis besar dari gagal jantung dan aterosklerosis yang anda tanyakan. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(TIm Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar