Sukses

Muka merah dan berkeringat

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Pria, 19 tahun.
malem dokter yang baik... maf dok saya mau tanya... Mengapa sehabis latihan senam aerobik muka merah dan berkeringat? tolong jelasin ya dok.. makasih... ( laki-laki, 19 thn,170 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saat beraktivitas, tubuh memproduksi panas. Salah satu cara agar suhu tubuh tidak terlalu panas adalah dengan cara radiasi panas melalui kulit dan dengan pengeluaran keringat. Pada keadaan panas, pembuluh darah di bawah kulit melebar sehingga sirkulasi darah meningkat dan panas yang ada pun diradiasikan melalui kulit. Namun, jika ada tanda-tanda selain wajah yang merah, seperti pusing, lemas, atau mual, kemungkinan terjadi pemanasan yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh hidrasi yang tidak cukup.

Ketika keringat mengalami evaporasi dari permukaan kulit, panas yang ada pun ikut hilang. Faktor yang mempangaruhi kecepatan evaporasi adalah kelembapan udara di sekitar kita. Jika udara lembab, maka di dalamnya sudah ada uapan air, munkin mendekati saturasi atau titik jenuh, sehingga tidak bisa menerima uapan air lagi. Karena itu, keringat tidak mengalami evaporasi dan eliminasi panas dari tubuh kita pun tidak seefisien pada keadaan udara yang kering.

Sewakti keringat berevaporasi, pada permukaan kulit tertinggal garam (sodium, klorida, dan kalium), karena itu kulit kita pun terasa asin. Hilangnya garam dan air dalam jumlah banyak dari tubuh dapat membuat tubuh kita dehirasi, sehingga dapap berujung pada masalah sirkulasi darah, gagal ginjal dan stroke panas.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi KlikdokteR)

    0 Komentar

    Belum ada komentar