Sukses

Peradangan mulut rahim

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 22 tahun.
dok, sy pakai IUD pd 2Sept 08, stlh pemasangan lgsg mens, tp pd bln slnjtnya mens tdk tratur, bhkn lbh srg tidak mens (sy menyusui eksklusif).Pd bln Nov muncul masalah, keluar darah sangat sedikit sekali tp sering, sy k dokter dan dberi Mens Chart.Trlihat jelas pd bln Feb 09, setiap hari darah keluar tp sangat sedikit.Kemudian sy k dokter lg, kt dokter posisi IUD msh normal, tdk ada perubhan, dokter blg "there is an inflammations in the surface" sy tinggal d luar negeri dok, sy g ngerti mksdnya itu apa?yg sy tangkap dr penjelasan dokter itu, darah bkn berasal dr rahim melainkan dr mulut rahim dan tidak ada masalah dgn IUD.Saya jd ingat, wkt stlh melahirkan dulu itu tumbuh granulasi d bekas jahitan, apa itu yg dimaksud dokter itu dok?apa granulasi sy tumbuh lg?sy diberi ALBOTHYL vaginal suppositories-Policresulen.Terima kasih sebelumnya( perempuan, 22 thn,160 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan cerita Ibu mengenai keterangan dokter, darah yang ada memang berasal dari peradangan atau inflamasi yang ada di mulut rahim, atau disebut juga servisitis. Servisitis ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti infeksi menular seksual (gonorrhea, chlamydia, herpes) atau karena adanya benda asing seperti IUD, tampon, maupun diafragma. Jika disebabkan oleh infeksi, biasanya gejala disertai keputihan yang abnormal serta rasa panas dan/atau gatal pada kemaluan.

Saya menduga, dokter Ibu telah menyingkirkan kemungkinan infeksi sebagai penyebab peradangan yang ada berdasarkan tidak adanya gejala-gejala lain yang mengarah ke kemungkinan infeksi atau gambaran mulut rahim yang beliau periksa. Karena itu, beliau hanya memberikan policresulen yang memiliki khasiat antiseptik dan hemostatik untuk mencegah terjadinya infeksi serta menghentikan perdarahan yang ada. Jika memang dengan pengobatan tersebut, tetap ada perdarahan, sebaiknya Ibu kontrol kembali ke dokter Ibu untuk penanganan selanjutnya. Saya menyarankan dilakukan pemeriksaan Pap Smear. Pap Smear merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi adanya perubahan sel pada mulut rahim. Perubahan sel pada mulut rahim dapat berujung pada kanker mulut rahim, sehingga pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan rutin pada perempuan yang sudah aktif secara seksual, sesuai petunjuk dokter.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar