Sukses

Menghilangkan kerak topi (2)

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Pria, 30 tahun.
Pagi dok, kulit kepala anak saya (Perempuan, umur 1 bulan, berat badan 4 kg) ada kerak topinya, setelah saya bersihkan menurut nasehat dokter ternyata ada merahnya(terus ada setelah 2 kali saya bersihkan), bagaimana cara menghilangkan merahnya ? Apa bisa menggunakan lidah buaya (dari artikel yang saya baca katanya lidah buaya bisa menghilangkan dermatitis pada kulit)? Terima kasih (laki-laki, 30 thn,165 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

  

Bapak/saudara yang terhormat,


Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kerak topi merupakan keadaan yang umum ditemukan dalam 6 minggu pertama kehidupan. Pada beberapa kasus, kondisi tersebut dapat menghilang perlahan setelah beberapa minggu, namun ada yang menetap 6-9 bulan kemudian bahkan lebih lama.

Pengobatannya adalah menggunakan shampoo bayi. Kepala bayi harus dibasuh dengan lembut secara teratur. Penggunaan baby oil atau mineral oil seperti (minyak kelapa) dapat membantu melembutkan sisik dan koreng sehingga dapat lebih mudah dilepaskan. Oleskan baby oil atau mineral oil pada kerak, biarkan 10-15 menit, lepaskan kerak menggunakan sikat halus, kemudian bilas dengan shampoo bayi.  

Dari cerita anda, tampaknya kerak topi tersebut telah terlepas namun menyisakan kemerahan kulit kepala dibalik kerak tersebut. Terdapat dua kemungkinan penyebab timbulnya kemerahan tersebut: gesekan yang terlalu keras atau peradangan kulit. Peradangan dapat diatasi dengan mengoleskan krim steroid potensi rendah seperti krim hidrocortisone 1%. Apabila lesinya menyebar ke tempat lain, dapat digunakan shampoo yang mengandung antijamur ketokonazol 2%, selenium sulfida, tar, asam salisilat, dsb.

Bagaimanapun, mengingat efek samping yang dapat ditimbulkan, pengobatan steroid dan shampoo antijamur lebih baik dilakukan dalam pengawasan dokter yang kompeten. Saran saya sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal.

MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK KERAK TOPI?

Hingga saat ini sudah banyak teori dikemukakan mengenai manfaat lidah buaya. Lidah buaya mengandung lebih dari 75 jenis nutrient dan 200 komponen aktif, termasuk 20 mineral, 18 asam amino, dan 12 vitamin. Diantara banyak manfaatnya antara lain adalah:

  1. Membersihkan secara alami
    • Penetrasi jaringan

  2. Antijamur


  3. Antiradang


  4. Antigatal


  5. Nutrisi


  6. Melebarkan pembuluh darah kapiler


  7. Menghancurkan jaringan mati dan nanah

  8. Mempercepat proses penyembuhan


  9. Melembabkan jaringan


  10. Antidemam


  11. Antibakteri


  12. Antivirus (pada penggunaan jangka panjang)


  13. Meredakan nyeri, dsb

      

     

Lidah buaya memang dapat dipertimbangkan sebagai alternatif pengobatan kerak topi. Lidah buaya dipercaya dapat mengobati kerak topi melalui efek membersihkan, penetrasi jaringan,antijamur, antiradang dan antigatal. Pada sebuah studi yang membandingkan efektivitas 30% emulsi lidah buaya dengan krim plasebo dua kali sehari selama 4-6 minggu, ditemukan bahwa terdapat 62% pasien yang diobati dengan lidah buaya mengalami perbaikan klinis (kerak dan gatal berkurang) dibandingkan 25% kelompok plasebo.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

 

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar