Sukses

Sering minum manis: diabeteskah?

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 24 tahun.
Asslm.Wr.Wb, dokter yang baik hati. Teman kantor saya namanya dini, dia sering sekali minum minuman yang manis pada saat haus, karena kalau minumannya tdk manis dia masih merasa haus. Yang ingin ditanyakan: apakah teman saya ada kecenderungan terkena penyakit diabetes atau yang lainnya apa ya dok?? Tapi sebelumnya dia sudah cek lab hasilnya gula darah normal. Terima Kasih(perempuan, 24 thn,160 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, terdapat beberapa pertanyaan yang harus terlebih dahulu dikonfirmasi:

  • Sejak kapan teman anda merasakan keluhan tersebut?

  • Apakah terdapat keluhan sering buang air kecil, terutama pada malam hari (poliuri), banyak makan tetapi tidak merasa kenyang (polifagi) dan berat badan menurun tanpa penyebab yang jelas?

  • Apakah terdapat riwayat kencing manis (diabetes melitus) pada keluarga teman anda tersebut?

  • Berapakah usia teman anda dan berapa tinggi badan (TB) serta berat badannya (BB)?

  • Pemeriksaan gula darah apa sajakah yang dilakukan? Apakah hanya gula darah sewaktu (GDS)? Atau gula darah dengan puasa (GDP) dan 2 jam setelah puasa (GDPP)?

  • dsb

Berdasarkan data yang anda berikan, saya masih belum dapat menyimpulkan apakah teman anda menderita diabetes atau tidak. Diperlukan data yang lebih lengkap sebelum dapat mendiagnosis. Pada umumnya seseorang yang menderita kencing manis akan memiliki gejala klasik, yaitu 3 P (polifagi; banyak makan, poliuri; banyak kencing; polidipsi; banyak minum) ditambah dengan BB turun tanpa penyebab yang jelas. Selain itu dapat pula timbul keluhan yang tidak klasik, yang bila telah muncul maka pada umumnya pasien tersebut telah menderita diabetes dalam waktu yang cukup lama. Keluhan tersebut diantaranya timbul luka pada kaki, gangguan penglihatan, disfungsi ereksi, keluhan baal pada kaki, keputihan abnormal pada wanita, dsb.

Hal yang terpenting dalam mencegah terjadinya diabetes adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Penelitian telah membuktikan bahwa perilaku hidup sehat (makan makanan yang sehat dan bergizi, olahraga, dsb) yang dijalankan secara teratur dapat mengurangi kejadian diabetes pada kelompok yang mengikuti penelitian dibandingkan dengan kelompok yang mendapat obat-obatan sekalipun. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita menjalankan pola hidup sehat untuk terhindar dari diabetes

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat dipahami. (SO)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar