Sukses

Nyeri pinggang saat kurang minum?

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Pria, 24 tahun.
Ass.. dok, saya ingin bertanya, pinggang saya sering terasa sakit apabila saya kurang minum, terus pada buah zakar saya terasa nyeri saya sakit apa yah dok??(laki-laki, 24 thn,168 cm,68 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang terhormat,


Terimakasih atas kepercayaannya. Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini.

Pinggang merupakan bagian tubuh yang memiliki banyak peranan penting. Selain membantu membuat tubuh berdiri tegak dan bergerak, pinggang juga melindungi beberapa organ penting, termasuk susunan saraf yang melintas sepanjang tulang belakang. Jadi jelas bahwa nyeri pinggang dapat timbul akibat beragam kondisi, mulai dari gangguan otot, saraf, tulang, sendi, kehamilan, berat badan berlebih, hingga gangguan pada saluran kemih.

Gangguan saluran kemih yang umumnya menyebabkan keluhan nyeri pinggang adalah infeksi, batu, dan tumor. Keluhan nyeri pinggang yang Anda rasakan tidak khas untuk satupun dari kondisi tersebut di atas. Namun kondisi kurang cairan tubuh (dehidrasi) memang salah satu faktor risiko terbentuknya batu. Terlebih bila didukung dengan pola makan tidak sehat dan aktivitas fisis yang kurang.

Mengenai nyeri pada buah zakar Anda, terdapat beberapa hal yang perlu dikonfirmasi terlebih dahulu:

  1. Sejak kapan timbul keluhan pada buah zakar Anda?

  2. Apakah nyerinya dirasakan setiap saat?

  3. Apakah saat nyeri terasa sangat hebat hingga menghambat aktivitas Anda?

  4. Adakah kondisi tertentu yang dapat memicu timbulnya nyeri?

  5. Adakah keluhan lain yang menyertai seperti pembesaran pada buah zakar yang nyeri, keluhan kulit pada buah zakar, demam, dsb?

  6. Apa yang selama ini Anda lakukan untuk mengurangi nyerinya? dsb

Sayang informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas, mengingat terdapat beberapa keadaan yang dapat menimbulkan keluhan serupa. Untuk itu diperlukan data tambahan disertai beberapa pemeriksaan fisis ataupun penunjang untuk memastikan penyebabnya.  Saya sarankan sebaiknya anda segera mengunjungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut. Dokter mungkin akan menyarankan anda untuk menjalani pemeriksaan darah dan urin terlebih dahulu, atau pemeriksaan penunjang lain apabila diperlukan.

Sementara itu, mulailah menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan sehat dan aktivitas fisis teratur. Pada kedua keadaan tersebut Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri dari golongan antiradang bukan steroid (NSAID) untuk meredakan nyerinya, namun tetap harus dicari penyebab pastinya untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian penjelasan Kami. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar