Sukses

Jempol bengkak dan merah

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok, jempol tangan istri saya sudah seminggu ini bengkak dan sepertinya di daerah yg bengkak itu ada nanahnya karena berwarena merah kehitaman. Sebelum bengkak katanya, daerah di dekat kuku sempat kemasukan benda asing. Ini kenapa ya Dok? Apakah berbahaya? dan pengobatannya gimana ya? Sebelum dan Sesudahnya banyak terima kasih Dok.( perempuan, 26 thn,155 cm,43 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bengkak dan merah merupakan beberapa tanda peradangan, kemungkinan besar jempol istri Bapak mengalami infeksi bakteri akibat benda asing yang masuk tersebut. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah penyebaran infeksi ke tempat lain atau infeksi yang tidak tertangani sehingga bisa mengakibatkan kematian jaringan yang terinfeksi. Jika sudah terjadi kematian jaringan (nekrosis), jaringan tersebut harus dibuang.

Nanah yang terdapat di dalam daerah yang bengkak memang harus dikeluarkan. Namun, jangan mencoba memencet-mencet daerah yang bengkak sendiri untuk mengeluarkan nanah, karena tindakan tersebut justru dapat memperparah infeksi. Saya menyarankan agar Bapak membawa istri ke dokter untuk dilakukan insisi dan drainase atau pengeluaran nanah dengan pisau bedah yang steril. Dengan cara tersebut, daerah yang terinfeksi dapat dibersihkan dengan cairan antiseptik. Selain itu istri Bapak dapat diberikan antiobiotik untuk melawan bakteri penyebab infeksi.

Sementara itu, jagalah daerah yang terinfeksi dalam keadaan bersih berikan betadine dan salep antibiotik jika punya.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar