Sukses

Efek samping prednison dan interzol

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Pria, 58 tahun.
dokter, mohon informasi tentang efek samping prednison dan interzol. Jika minum obat ramuan ctm, prednison dan intersol untuk keperluan pengobatan jamur di selakangan, jika mengalami gatal disiku tangan baik kiri, maupun kanan, gatal di kedua kaki diatas lutut dan, hipertensi, detak jantung tidak teratur, dan sewaktu buang air kecil terasa tidak ada tekanan dari dalam apa itu juga merupakan ekek samping dari mengkonsumsi obat tersebut?. Terima kasih atas jawabannya.( laki-laki, 58 thn,163 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi klikdokter. Prednison adalah golongan dari kortikosteroid yang memiliki beberapa efek samping, diantaranya ada;ah insomnia (tidak bisa tidur di malam hari), gelisah, peningkatan nafsu makan, gangguan pencernaan, perasaan melayang, sakit kepala, hipopigmentasi (bercak-bercak di kulit yang berwarna lebih terang dari warna kulit asli), diabetes melitus, intoleransi glukosa, hiperglikemia, atralgia (nyeri sendi), katarak, glaukoma, mimisan, sindroma cushing, edema (bengkak), patah tulang, halusinasi, hipertensi, pengecilan otot, osteoporosis, pankreatitis (radang pankreas), penekanan kelenjar adrenal, dan kejang.

Interzol memiliki bahan aktif ketokonazol yang berfungsi sebagai anti jamur dengan efek samping mual, kemerahan, gatal-gatal, dan efek samping yang jarang adalah hepatotoksisitas (keracunan hati) dan ginekomastia (pembesaran payudara pada laki-laki.

Namun pada umumnya efek samping ini baru didapatkan apabila obat dikonsumsi dalam jangka panjang dengan dosis yang besar. Apabila terjadi gatal-gatal tidak lama setelah mengonsumsi obat kemungkinan itu adalah alergi terhadap obat. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar