Sukses

Asma pada anak

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 24 tahun.
Siang Dok, dari kecil saya mempunyai penyakit asma turunan sekarang saya mempunyai seorang anak kalau batuk nafasnya suka bunyi, bagaimana ya dok tuk penyembuhannya agar tidak kambuh lg obat tradisional sudah pernah di coba obat dari dokter jga tapi tetap aja suka kambuh lagi apa ada terapinya dok atau makanan penunjang dan makanan yang harus dihindari. Trima kasih( perempuan, 24 thn,149 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Batuk-pilek pada anak-anak umumnya terjadi karena infeksi virus. Terkadang dapat diikuti dengan infeksi sekunder karena bakteri. Gejala yang ada pada anak ibu yaitu batuk disertai dengan nafas berbunyi dapat mengarah ke panyakit asma. Hal ini semakin mendukung karena terdapat riwayat keturunan asma dari ibu.

Asma pada anak ditandai dengan gejala batuk, wheezing (napas berbunyi, dan sulit bernapas. Gejala ini akan memburuk apabila anak sakit, latihan fisik, dan terpajan dengan alergen. Alergen adalah zat pencetus alergi seperti bulu binatang, debu, dingin, polusi, asap rokok, virus, dan beberapa jenis makanan.Risiko ini semakin meningkat apabila didapatkan riwayat keluarga dengan asma atau alergi.

Yang sebaiknya dilakukan adalah menghindari jenis alergen pada anak ibu. Ibu sebaiknya mengetahui jenis alergen apakah yang dapat memicu serangan tersebut pada anak ibu, mungkin debu, dingin, makanan, dll. Obat tertentu dapat digunakan apabila serangan asma sedang datang. Sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter spesialis anak untuk evaluasi lebih lanjut. Anda dapat membaca lebih jelas mengenai asma di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/221

https://www.klikdokter.com/article/detail/162

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar