Sukses

Benjolan pada kaki

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Di sisi dalam telapak kaki kanan saya (sekitar 5cm di depan mata kaki sblh dlm) ada benjolan kecil sebesar ujung kelingking (diameter +- 1cm). Pertama kali timbul kurang lebih setahun yl dengan tampak awal seperti melenting (yg umumnya berisi cairan bening) dan lama kelamaan menebal. Sudah pernah diangkat di RSCM sekitar 6 bl yl dg diagnosa tumor jinak. Yg menjadi pertanyaan saya mengapa hal ini timbul kembali ? Apa sebenarnya yg saya derita ini ? Dan haruskah saya kembali menjalani bedah ringan untuk diangkat lagi ? Terima kasih.

Terima kasih Redaksi Klikdokter.com di tunggu jawabannya.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kemungkinan yang ada pada telapak kaki Bapak adalah clavus atau yang lebih dikenal dengan istilah "mata ikan". Clavus merupakan penebalan kulit karena adanya tekanan dan gaya gesek yang intermiten, umumnya ditemukan pada telapak kaki. Penebalan kulit ini dapat menimbulkan rasa nyeri, dan pada situasi tertentu bisa menyebabkan ulkus. Tekanan atau gesekan berulang tersebut dapat disebabkan oleh cara berjalan serta jenis sepatu yang dipakai. Apakah Bapak menggunakan sepatu yang agak sempit dengan bahan yang keras (seperti kulit)? Jika ya, sebaiknya Bapak menggunakan sepatu yang lebih nyaman, yang berukuran sedikit lebih besar. Jika tidak ada tekanan tapi bejolan tersebut tetap muncul, bisa saja benjolan berupa kutil.

Untuk mengurangi benjolan yang ada dapat digunakan obat-obat tertentu yang bersifat keratolitik, seperti asam salisilat. Di pasaran tersedia juga plester yang mengandung asam salisilat. Sedangkan untuk mengurangi friksi atau gesekan yang ada bisa digunakan bantalan pada sepatu. Jika dengan cara-cara ini nyeri tetap tidak berkurang dan benjolan dirasa mengganggu, bisa dilakukan operasi kecil seperti yang Bapak telah lakukan sebelumnya.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar