Sukses

Cegah Maag dan Hepatitis

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dear Dokter, siang dok mo nanya nih 1. Bagaimana cara berdiet untuk yang punya penyakit maag akut? 2. Suami saya pernah terkena hepatitis A,bagaimana cara pencegahannya agar tidak terkena lagi hepatitis mengingat jam kerja suami saya hampir 24 jam dan lebih sering bekerja diwaktu malam dengan pola makan yang tidak teratur dan setiap hari makan makanan dari luar rumah(warung dll). terima kasih jawabannya( perempuan, 27 thn,150 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Maag akut sebetulnya akan baik sendiri bila faktor yang menyebabkannya dieliminasi. Untuk mengatasi nyeri dapat diberikan antasid. Saat terjadi serangan sebaiknya makanan dikurangi, istrahatkan lambung dengan bersitirahat dan minum saja (air dan susu). Setelah itu mulai makan makanan yang lunak secara perlahan dan sebisanya seperti sereal, pisang, dan nasi. Hindari makan makanan yang berlemak dan pedas. Sedangkan untuk mencegah terjadinya maag, sebaiknya suami Ibu menjalani pola makan secara teratur, yaitu 3 kali sehari pada waktu-waktu tertentu. Jangan lewatkan sarapan, karena sarapan merupakan jadwal makan yang paling penting, selain dapat memberikan energi untuk beraktivitas, sarapan juga dapat mencegah obesitas.

Sedangkan pencegahan Hepatitis A adalah pada dasarnya menjaga kehigienesan diri serta makan makanan yang memang terjaga kebersihannya. Biasakan cuci tangan dengan baik sebelum makan, dan setelah dari toilet. Makanan yang disediakan di warung-warung tidak jelas kebersihannya, baik dari bahan makanan maupun air yang digunakan untuk membersihkan alat-alat makan. Jadi, saran saya adalah coba membawa makanan dari rumah, atau bawa peralatan makan sendiri (sendok dan tempatnya) jika makan di luar terutama di warung. Untuk pencegahan Hepatitis A dapat juga dilakukan imunisasi yang bisa dilakukan di Rumah Sakit, namun harganya relatif mahal.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar