Sukses

Hernia pada perempuan

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 20 tahun.
pagi dok,, saya mau nanya apa itu penyakit hernia dan bagaiman itu bs terjadi dan biasanya pada usia berapa seseoarang bisa kena penyakit itu? dan bagaiman cara mengatasinya? apakah harus di operasi? mohon penjelasannya. terimakasih. salam( perempuan, 20 thn,158 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Hernia merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Gangguan ini lebih sering terjadi di daerah perut dan sering diartikan sebagai penonjolan isi rongga perut melalui jaringan ikat yang lemah (defek) pada perut.  Pada kegemukan dan kehamilan, terjadi peregangan otot dinding perut sehingga menjadi lebih lemah, demikian pula pada usia yang semakin tua. Walaupun demikian hernia ini bisa terjadi pada usia berapa saja, dengan faktor-faktor risiko lain: Mengangkat beban yang terlalu berat, batuk lama, kerja yang terlalu berat, dan hal-hal lain yang memang meningkatkan tekanan dalam perut.

Penonjolan dapat ditemukan pada perut, pusar, atau selangkangan. Pada beberapa kasus, penonjolan bisa dtemukan pada paha bagian atas, disebut hernia femoral, dan lebih sering ditemukan pada perempuan. Hernia femoral ini bisa menjadi keadaan yang lebih serius dibandingkan hernia tipe lain karena bisa terjadi strangulasi bagian usus yang keluar, sehingga memotong suplai darah ke bagian usus tersebut.

Penatalaksanaan hernia dibagi menjadi 2, konservatif dan operatif. Pengobatan konservatif terbatas pada tindakan pengembalian posisi (dengan cara mendorong masuk tonjolan yang ada secara manual) dan pemakaian penyangga atau penunjang untuk mempertahankan isi hernia yang telah direposisi. Pengurangan hernia secara non-operatif dapat segera dilakukan dengan berbaring, posisi pinggang ditinggikan, lalu diberikan analgetik (penghilang rasa sakit) dan sedatif (penenang) yang cukup untuk memberikan relaksasi otot. Perbaikan hernia terjadi jika benjolan berkurang dan tidak terdapat tanda-tanda klinis strangulasi.

Penggunaan bantalan penyangga hanya bertujuan menahan hernia yang telah direposisi dan tidak pernah menyembuhkan sehingga harus dipakai seumur hidup. Hal ini biasanya dipilih jika kita menolak dilakukan perbaikan secara operasi atau terdapat kontraindikasi terhadap operasi. Cara ini tidak dianjurkan karena menimbulkan komplikasi, antara lain merusak kulit dan tonus otot dinding perut di daerah yang tertekan sedangkan strangulasi tetap mengancam. Operasi merupakan penatalaksanaan rasional hernia, terutama jenis yang strangulasi. Indikasi operasi sudah ada begitu diagnosis ditegakkan. Jadi, operasi memang merupakan pilihan, namun jika sudah terjadi strangulasi yang dapat menyebabkan kematian jaringan, operasi harus dilakukan.

Ibu dapat membaca lebih lanjut mengenai hernia pada halaman website kami ini:
https://www.klikdokter.com/illness/detail/74.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.


(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar