Sukses

Gigi dicabut atau gusi dipotong?

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 20 tahun.
beberapa wakltu yang lalu, bagian gusi paling belakang saya bengkak, setelah ke dokter gigi, kt beliau gigi geraham yang pling blkng saya tumbuh tidak sempurna akibat tertutup gusi, mknya bengkak. agar tidak sering kambung gusinya bisa dipotong sehingga gigi dapat tumbuh sempurna?or gigi trsbut dicabut?lebih baik yang mana ya?and biayanya kira2 mahal/tidak ya?( perempuan, 20 thn,156 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang terhormat,

Kasus seperti Anda sangat sering terjadi, di mana gigi molar yang paling belakang (molar tiga/M3) mengalami impaksi yaitu tumbuh tidak sempurna akibat tidak kebagian tempat. Gusi tersebut bisa saja dipotong agar tidak menghalangi permukaan kunyah gusi. Mengenai dicabut/tidaknya, perlu beberapa pertimbangan seperti bagaimana hubungan gigi M3 tersebut dengan gigi lawannya. Bagaimana posisi gigi tersebut bila dilihat dari gambaran rontgen foto. Apakah besar kemungkinannya gigi tersebut akan mendorong gigi tetangganya bila gigi itu dibiarkan tidak dicabut.

Sebaiknya Anda berkonsultasi lagi ke dokter gigi spesialis bedah mulut yang dapat memeriksa Anda secara langsung dan memberi saran dipandang dari sudut medis. Keputusan tetap berada di tangan Anda, apakah gigi tersebut dicabut atau tidak, setelah Anda mempertimbangkan saran dari dokter gigi yang merawat Anda.

Demikian saran saya, terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar