Sukses

Perawatan saluran akar gigi

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 20 tahun.
Siang dok,, saya mau nanya: gigi incisivus 1 atas saya di foto dan ada radicular cyst dan PSA hermetis. gigi premolar 2 atas mesiodistal abses.yang ingin saya tanyakan: - apakah pada gigi yang terkena abses dapat menyebar ke gigi yang lain dan brapa lama proses penyebarannya? - perawatan apa yang sebaiknya saya lakukan? sebelumnya akar saya sudah dirawat sebanyak 5x.jadi saya mau gigi saya itu dicabut saja. apakah ada kontra indikasi? soalnya saya takut gigi saya yang lain kena nanti.dan saya merasa yang sakit itu gigi molar 1 atas saya, namun mengapa yang bermasalah justru gigi premolar 2. saat difoto gigi molar 1 atas saya hanya setengah. -apakah bisa berbeda gigi yang kita rasa sakit itu dengan hasil rontgen foto? atau perawatnya yang salah foto, hingga gigi M1 atas hanya setengah yang terfoto sehingga tidak bisa diinterpretasikan? mohon sangat penjelasannya. terimakasih banyak. salam( perempuan, 20 thn,158 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang terhormat,

Berdasarkan keterangan Anda, gigi 1 atas sudah dirawat saluran akar dengan pengisian yang hermetis, artinya saluran akar gigi insisif Anda sudah selesai dirawat dan pengisiannya baik. Perlu saya tanyakan, apakah kista radikular terjadi sebelum atau sesudah PSA (Perawatan Saluran Akar)? Bila ada foto radiograf sebelumnya, Anda dapat membandingkan tampilan dari kista tersebut, apakah ukurannya membesar, tetap, atau mengecil, dan bagaimana gambaran di dalam rongga kistanya. Dengan PSA yang baik, idealnya kista radikular dapat mengalami penyembuhan. Tanda-tanda penyembuhan bisa dilihat dari ukuran kista yang mengecil atau dari gambaran rontgen foto kista terlihat penulangan di dalam rongga kista.

Jadi begini, perlu dibedakan antara abses dan kista. Abses adalah rongga abnormal yang berisi nanah, sedangkan kista umumnya tidak berisi nanah kecuali kista terinfeksi dan dindingnya dibatasi jaringan epitel. Ada abses yang lebih beresiko untuk berkembang menjadi kista, namun ada juga yang tidak.

Abses memang dapat menyebar ke gigi lain, tapi bukan dalam berarti "menular", ya. Penyebaran abses dapat berarti ukuran abses tersebut membesar, sehingga merusak tulang hingga ke daerah gigi tetangganya.  Lama penyebarannya tergantung oleh beberapa hal misalnya daya tahan tubuh host dan virulensi bakteri yang menyebabkan infeksi.

Umumnya diperlukan observasi beberapa bulan setelah PSA diselesaikan. Pasien harus kontrol ke dokter gigi yang merawatnya. Bila dalam waktu 6 bulan pasien kontrol dan tidak tampak ada proses penyembuhan, dapat dilakukan kuretase. Pencabutan adalah pilihan terakhir, sebaiknya gigi tersebut dirawat dengan tuntas. Gigi yang mengalami abses akut tidak dapat dicabut, karena bakteri dapat menyebar. Lain halnya dengan kista.

Mengenai masalah gigi premolar dan molar Anda, bagaimana dengan riwayatnya?Apakah kedua gigi tersebut sama-sama mengalami karies. Bisa jadi ada kesalahan dalam posisi pesawat rontgen. Ada baiknya difoto ulang sehingga kedua gigi tersebut dapat diperiksa dengan jelas.

Demikian penjelasan saya, bila masih ada yang kurang jelas dapat ditanyakan kembali.

Terima kasih,

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar