Sukses

Takut / malu berobat ke dokter?

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 20 tahun.
Met malem Dok.. Sy ingin bertanya, bagaimana cara kita mengatasi rasa kegugupan/ketakutan/ketegangan ketika mengunjungi/ingin berobat ke suatu dokter praktek (misal, karena malu dg keadaan yg dideritanya/karena trauma akibat perawatan sbelumnya, dll) dg kata lain, bagaimana caranya untuk meningkatkan rasa percaya diri untuk memulai mengunjungi/melakukan perawatan ke dokter, terutama ke dokter gigi yang kebanyakan menjadi momok. Terima Kasih..( perempuan, 20 thn,163 cm,44 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Memang apa yang telah Saudari lakukan sehingga malu  mengatakannya kepada kami ?. Bukankah lebih baik dikatakan saja nanti  kami dapat mencarikan jalan keluarnya. Namun demikian kami tetap akan menjawab Anda. 

Kalau Anda sudah di kamar praktek dokter dan hanya berdua dengan  dokternya maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menceritakan kepada  dokternya apa-apa yang Anda ingin sampaikan. Kalau sekarang Anda kepada  kami saja malu menyampaikan maka kan tidak mudah bagi kami untuk  memberikan jawaban. Kalau hanya untuk menambah keberanian dan  menghilangkan rasa  gugup tidaklah terlalu sulit. Bukankah ada kata-kata mutiara yang mengatkan bahwa Honesty is the best policy, artinya yang  terbaik itu adalah kejujuran.

Selanjutnya Anda harus percaya penuh kepada dokternya. Tidak penting  apakah Anda sudah kenal atau  belum dengan dokternya. Nah kalau Anda sudah percaya betul mulailah menyampaikan apa yang Anda ingin  katakan. Juga kepada dokternya harus lah berterus-terang sebab  dokternya itu bukanlah seorang dukun yang seperti sudah tahu semua apa  yang Anda rasakan. Kalau Anda tidak bercerita maka dokternya juga tidak  akan tahu. Tapi kalau dokternya sudah tahu maka dia bisa mencarikan jalan keluarnya. Bukankah jalan keluarnya itu yang Anda perlukan? 

Begitulah Saudari. Sekali lagi kami menghimbau supaya Anda mengirim e-mail  lagi dengan menceritakan selengkapnya apa yag terjadi dan apa-apa akibat  dari segala tindakan Anda itu. Kami berusaha memberikan yang terbaik  dan maksimal kalau perlu kami dapat memberikan resep obat demi  memudahkan Anda. Oh hampir lupa, dibagian kami ini ada juga dokter gigi  sehingga cukup mudah bagi Anda untuk mendapatkan jawaban yang  memuaskan.

Terima Kasih

(Dr. Sukardi Sp.KJ)

    0 Komentar

    Belum ada komentar