Sukses

Gatal pada kehamilan

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dear Tim E-Konsultasi, saya anna baru mengandung anak pertama, usia kehamilan saya sekarang berumur17 minggu, baru 2 hari ini saya merasakan gatal-gatal disekitar perut saya, mohon bantuannya, bagaimana cara mengatasi gatal-gatal tersebut Terima kasih sebelumnya atas perhatian team e-konsutasi (anna, Wanita, 27 tahun)( perempuan, 27 thn,160 cm,54 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Saya mengucapkan selamat atas kehamilan anak pertama ibu. Gatal ataupun kelainan kulit selama kehamilan dapat disebabkan karena berbagai faktor, dari hormonal, peregangan kulit karena peningkatan berat badan, jamur, alergi, atau metabolisme tubuh yang meningkat.

Gatal di sekitar perut pada umumnya dikarenakan peregangan dari kulit perut dan perubahan dari faktor hormonal. Karena penyebabnya hormonal maka tidak seluruh wanita merasakan keluhan gatal pada kehamilannya. Umumnya kelainan kulit ini hanya superfisial dan tidak berbahaya bagi ibu dan janin. Keluhan gatal ini akan menghilang sesudah ibu melahirkan.

Pemakaian obat untuk keluhan gatal sebaiknya berhati-hati dan harus dipilih jenis obat yang tidak menimbulkan bahaya pada janin. Jika ingin memakai obat, ibu dapat menggunakan bedak salicyl atau larutan kalamin. Jangan menggaruk kulit yang gatal karena dapat menyebabkan luka dan infeksi pada kulit. Apabila terdapat infeksi maka penanganannya akan lebih sulit.

Apabila ibu memiiki alergi maka hindarilah pencetus alergi tersebut. Kulit kering merupakan salah satu pencetus gatal, gunakanlah krim pelembab sehabis mandi untuk menghindari kulit kering terutama pada bagian yang teregang (perut). Sering-seringlah menjaga kebersihan dan berganti pakaian bila berkeringat karena lembab dan panas juga dapat mencetuskan gatal. Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar