Sukses

Keputihan saat hamil

20 Oct 2014, 10:46 WIB
Wanita, 32 tahun.
Dok, saya sedang hamil 2 bulan, saya mengalami keputihan yang sangat serius karena, bentuk keputihannya seperti keju dan berbau, kadang gatal. sebelum hamil saya sudah konsultasi ke dokter kantudangan dan diberi obat diflucan 1 kapsul dan obat yang dimasukkan ke vagina 5 butir, sekarang keputihannya masih ada, obat apa ya dok yang aman untuk wanita hamil?( perempuan, 32 thn,155 cm,62 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis.

Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya. Keputihan yang patut diwaspadai jika timbul gejala meningkatnya jumlah cairan vagina dari biasanya hingga terus menerus muncul dan acapkali mengganggu, berbau amis, apek, busuk, berwarna putih susu, kuning tua, coklat, kehijauan bercampur darah. Cairan vagina yang tidak normal juga ditandai dengan konsistensi encer, berbuih hingga kental menggumpal seperti susu basi.

Keputihan memiliki beberapa karakteristik sesuai dengan penyebabnya. Seperti yang saya sebutkan diatas ada bakteri, jamur, parasit, dan Penyakit Menular Seksual (PMS). Terapi akan disesuaikan dengan penyebabnya. Sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan hapusan guna mengetahui penyebab dari keputihan anda. PEngobatan akan diberikan setelah diketahui dengan pasti penyebabnya.

Obat-obatan jenis apapun memang sebaiknya dihindari pada wanita hamil terutama pada trimester pertama karena pengaruhnya terhadap perkembangan janin. Namun infeksi akibat keputihan terhadap rahim juga cukup besar. KArena itulah sebelum meberikan terapi pengobatan pada wanita hamil umumny akan dipertimbangkan terlebih dahulu risk and benefit dari obat tersebut. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar