Sukses

Tambalan gigi pecah?

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Pria, 32 tahun.
Dok..tambalan di gigi geraham kiri saya pecah akibatnya bila makan terasa ngilu tapi minum air dingin tidak ngilu sehingga oleh dokter gigi di tambal ulang- penambalan ulang ini tidak mnghilangkan rasa ngilu bila makan dan gigi atas bertemu gigi bawah- saya pergi ke dokter ke 2, tambalan dr dokter 1 di bongkar dan di tambal lg dgn composite lalu saya di berikan antibiotik lincomycin 500mg krn menurut dia mungkin ada radang di akar.. 1.yg saya mau tanyakan kenapa kok setelah di tambal ulang masih ngilu bila di pakai makan? 2. mengapa gigi saya bs mngalami peradangan di akar?( laki-laki, 32 thn,172 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak yang terhormat,

Berdasarkan keterangan Bapak, pada saat pertama kali tambalan pecah Anda merasakan ngilu saat makan namun tidak pada saat minum dingin. Bila Anda merasa nyeri saat gigi atas dan bawah berkontak, memang itu merupakan gejala adanya peradangan pada jaringan penyangga gigi Bapak (jaringan periodontal).

Bisa jadi sebelum tambalan gigi Bapak pecah, tambalan tersebut sudah bocor sehingga memungkinkan penetrasi bakteri dan menyebabkan karies sekunder yaitu karies yang terjadi di bawah tambalan. Bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut yang menjalar hingga ke akar sehingga menyebabkan peradangan periodontal itu tadi.

Kemungkinan lain untuk menjawab mengapa gigi Bapak masih terasa sakit setelah ditambal ulang, adalah memang sudah terjadi karies di bawah tambalan yang seharusnya dibersihkan secara tuntas sebelum ditambal. Bila pembersihannya kurang namun gigi sudah ditambal, bisa jadi gigi tetap terasa ngilu. Atau karies sekunder yang terjadi sudah sangat dalam dan mendekati rongga pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf, bila memang itu yang terjadi gigi Anda pasti akan terasa sakit bila gigi ditambal karena tambalan akan menekan pulpa dan Anda perlu menjalani perawatan saluran akar.

Saya sangat menyarankan seorang pasien untuk giat bertanya kepada dokter yang merawatnya sehingga tidak ada suatu kebingungan atau keraguan pada saat pasien sampai di rumah, oleh karena itu bila suatu waktu Bapak berobat lagi jangan ragu untuk bertanya secara langsung kepada dokter yang merawat karena Bapak berhak untuk mengetahui perawatan apa yang Bpk terima.

Bila setelah meminum antibiotik tersebut keluhan Bapak belum hilang, ada baiknya Bapak kembali konsultasikan hal ini kepada dokter gigi yang telah merawat Anda agar dapat diperiksa secara seksama bila perlu diperiksa dengan foto rontgen.

Demikian saran saya, terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar