Sukses

Nyeri pinggang

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 25 tahun.
saya sering mengalami nyeri pinggang sebelah kiri..terutama di pagi hari.tiap pagi saya jarang sarapan.saya bekerja 8 jam/ hari dan dalam keadaan duduk sepanjang bekerja..pinggang saya terkadang terasa tegang dan nyeri..tolong dok bantu saya. saya sampai saat ini tidak memiliki riwayat penyakit apapun.. keluhan yang saya rasanya selama ini hanya itu saja.( perempuan, 25 thn,150 cm,80 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Keluhan nyeri pada pinggang anda dapat disebabkan karena salah posisi selama anda bekerja, infeksi saluran kemih, dan gangguan otot.

Yang dimaksud dengan posisi yang salah adalah posisi anda sewaktu bekerja tidak sesuai dengan posisi anatomis dari tulang belakang sehingga menyebabkan keluhan nyeri. Posisi duduk terus menerus dengan sandaran yang tidak sesuai, dengan meja yang terlalu rendah, komputer yang tidak setinggi mata juga dapat mengakibatkan keluhan ini. Hal ini disebut dengan Penyakit Akibat Kerja. Yang dapat anda lakukan adalah memperbaiki posisi bekerja anda, sesuaikan sandaran dengan anatomis tulang belakang anda, meja tidak terlalu rendah sehingga anda tidak perlu membungkuk, dan komputer sejajar dengan mata.

Kemungkinan kedua adalah infeksi saluran kemih (ISK). ISK sering terjadi pada wanita disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan alat kemaluan, uretra (saluran kencing) yang secara anatomis pendek sehingga memudahkan infeksi, dan kurangnya minum. Hal ini umum didapatkan terutama apabila anda memang terlalu sibuk bekerja dan tidak menyempatkan diri untuk minum air putih paling tidak 1,5 L per hari. Saran saya adalah perbanyak minum anda setiap harinya (1,5 L/hari) dan jaga kebersihan dan kelembaban alat kemaluan.

Kemungkinan selanjutnya adalah gangguan otot karena aktivitas yang kurang. Bekerja dengan posisi duduk terus menerus akan menyebabkan gangguan pada otot. Hal ini dapat diperberat apabila anda tidak melakukan stretching setiap beberapa jam dan tidak melakukan olahraga secara teratur. Saran saya adalah setiap 2 jam anda duduk bekerja, berdirilah dan lakukan stretching selama 10 menit. Stretching ini dapat berupa senam ringan atau berjalan di sekitar ruangan anda.

Yang diperlukan menurut saya adalh perubahan pola hidup menjadi lebih sehat. Apabila anda sudah melakukan semua saran saya diatas dan keluhan masih berlanjut, saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar