Sukses

Tangan gemetar pasca kecelakaan

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Pria, 67 tahun.
selamat siang dokter,orang tua saya setelah mengalami kecelakaan,tangan sebelah kanan selalu gemetar,tensi darah ortu saya pun selama ini diantara 160-170,orang tua saya sebelum kecelakaan memang pernah kena stroke ringan tapi sudah sembuh,mohon bantuan dokter pengobatan yang baik agar tangan orang tua saya tidak gemetar lagi dan apakah seusia orang tua saya tersebut tensi setinggi itu normal,terima kasih( laki-laki, 67 thn,155 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kami membutuhkan data tambahan untuk menganalisis lebih lanjut :

  • kapan kejadian kecelakaan tersebut? apakah orang tua anda mengalami cidera di bagian tertentu (kepala, leher, dada) atau sempat dijahit?
  • apakah dilakukan ct-scan, terutama ct-scan otak? apabila dilakukan apa hasilnya?

Kecelakaan yang terjadi kemungkinan mengakibatkan gangguan atau himpitan pada saraf sehingga menyebabkan tangan menjadi gemetar. Atau mungkin juga terjadi gangguan atau perdarahan pada otak sehinga mengakibatkan gangguan pada motorik (pergerakan) (karena itulah saya butuh data kecelakaan). Umumnya gejala ini ditangani dengan rehabilitasi medik apabila semua causa atau penyebab dasarnya sudah diatasi. Yang diperlukan adalah latihan secara rutin di rehabilitasi medik agar kemampuan motorik kembali seperti semula.

Tekanan darah tersebut termasuk ke dalam Hipertensi Gr II atau termasuk ke dalam Tekanan Darah Tinggi derajat II. Tekanan darah normal menurut JNC VII adalah < 120/80 mmHg. Salah satu faktor risiko stroke adalah tekanan darah tinggi. Oleh karena itu sebaiknya tekanan darah tinggi tersebut diatasi dan diobati secara teratur agar terkontrol. Stroke yang pertama mungkin ringan namun apabila terjadi stroke untuk yang kedua kalinya maka kemungkinan akan lebih berat dari yang pertama. Karena itu kendalikanlah semua faktor risiko yang dapat mencetuskan stroke, termasuk diantaranya adalah tekanan darah tinggi.

Mengenai tangan gemetar dan kecelaan, hanya sebatas diataslah analisis yang dapat saya lakukan karena terbatasnya data yang ada. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar