Sukses

PCOS dan pemeriksaan hormonal

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 26 tahun.
sore dok... saya mau tanya lagi nih...smoga dr. tdk bosan ya... 1. kapan waktu yg bagus utk melakukan tes LH,FSH dan prolactin?? 2. apa yg dimaksud dengan PCO ya dok..?? 3. ciri2 PCO itu sperti apa..?? apakah ada hubngannya dengan hasil pemeriksaan LH, FSH dan Prolactin..?? mohon penjelasan dari dr.. terimakasih( perempuan, 26 thn,150 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. PCOS adalah merupakan gangguan pada wanita akibat ketidakseimbangan hormonal. PCOS menyebabkan hiperandrogenisme pada wanita yang mengakibatkan terjadinya terganggunya siiklus menstruasi. Terjadi pada 1 dari 15 wanita dan umumnya pada usia reproduktif. PCOS dapat menjadi penyebab mentruasi iregular, selain gangguan menstruasi PCOS memiliki gejala lain seperti jerawat,  rambut rontok (androgenik alopesia), gangguan kesuburan, diabetes melitus (10%), rambut-rambut halus tumbuh di wajah dan badan, dan obesitas (50%).

Hormonal yang berperan pada PCOS adalah hormon androgen, dan pemeriksaan yang berperan di dalam PCOS adalah pemeriksaan hormon androgen. Pemeriksaan LH, FSH, dan prolaktin tidak terlalu berhubungan dengan PCOS namun berhubungan dengan gangguan ketidakteraturan menstruasi akibat dari gangguan hormonal. Peningkatan prolaktin dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Pemeriksaannya dapat dilakukan 3 hari sesudah menstruasi, atau tergantung dari doker yang melakukan pemeriksaan karena kadar hormonal bervariasi sesuai dengan siklusnya. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar