Sukses

Kotoran mata karena alergi?

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 20 tahun.
Selamat siang Dok, saya ingin bertanya. sejak SMP saya sudah bermasalah dengan mata saya, padahal sebelumnya ibu saya selalu bilang bahwa penglihatan saya cukup tajam terutama untuk melihat hal-hal yang kecil. Namun lama kelamaan mata saya suka terasa gatal dan saya jadi punya kebiasaan menggisik-gisik (mengucek-ngucek) mata, setelah diperiksakan ke dokter mata saat itu, belau bilang mata saya alergi panas dan debu, disarankan menggunakan kacamata non-minus dan topi bila bepergian. Kadang saya tidak mengindahkan saran tersebut. Sejak SMA kelas 1 saya mulai menggunakan kacamata minus, dan hingga saat ini mata saya kerap kali terasa gatal dan mengeluarkan kotoran, tidak banyak, namun bila kelelahan, terkena debu, cuaca yang panas, bangun tidur, kotoran tersebut selalu muncul. Apakah ada suatu kelainan yang serius dengan mata saya Dok. ? terima kasih.( perempuan, 20 thn,163 cm,44 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Keluhan mata yang anda alami kemungkinan disebabkan  karena iritasi dari hal yang anda sebutkan diatas, yaitu panas, debu, dan kelelahan. Kotoran mata bervariasi bentuknya dan penyebabnya. Apabila disebabkan karena bakteri umumnya berwarna kuning, gatal, disertai mata merah. Apabila karena virus umumnya berwarna bening.  

Konjungtivitis alergi adalah peradangan pada daerah konjungtiva yang disebabkan karena alergi. Gejalanya diantaranya adalah gatal, mata berair, mata merah, bengkak pada konjungtiva, dan sekret (kotoran mata) yang berwarna putih serta lengket.

Pengobatan untuk konjungtivitis alergi adalah menghindari alergen (zat penyebab alergi) seperti debu, dingin, asap. parfum, dan sebagainya.  Apabila keluhan semakin mengganggu, sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk diterapi lebih lanjut. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar