Sukses

Hiperprolaktinemia: tumor di otak?(3)

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok mau tanya! klo untuk terapi hormon amenorea sekunder bisa di gabung ga dengan pengobatan tradisional? sekarang saudaraku lagi terapi pake cyclo progynova. sudah minum 4 siklus tapi lum haid. dan udah melakukan pemeriksaan hormon2 sebelumnya (LH, FSH, Estradiol, prolaktin) dan semua itu sudah dalam keadaan normal, walupun konsentrasinya dekat ke batas bawah normal. klo obat cyclo progynova tersebut digabung sama obat cina Fu Fang EJIAO Jiang yg katanya bisa mengatasi gangguan siklus haid bisa ga? nanti jadi ada efek lain ga atau pilih salah satu saja? hal ini belum didiskusikan sam dokter kandungan saudara ku trsbut. trima kasih( perempuan, 21 thn,147 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Mengenai pertanyaan anda tentang pengobatan alternatif digabungkan dengan pengobatan medis, obat alternatif sampai saat ini belum memiliki penelitian mengenai keefektifannya di dalam mengobati panyakit.

Di dalam pengobatan modern, kami menggunakan pengobatan berdasarkan Evidence Based Medicine (EBM) yaitu penelitian mengenai efektivitas obat tersebut. Sedangkan pada pengobatan alternatif, termasuk obat yang anda sebutkan, belum ada data EBMnya.

Jadi mengenai isi bahan aktif, efektivitasnya, dan efek samping belum ada datanya. Terkadang obat alternatif dapat bereaksi dengan obat medis karena bahan yang tidak diketahui tersebut. Sebaiknya anda mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang merawat saudara anda sebelum menggunakan pengobatan alternatif. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar