Sukses

Penanganan batu ginjal

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 40 tahun.
bagaimana cara mengobati penyakit batu kapur yang ada di ginjal?tlg segera karena mendesak ( perempuan, 40 thn,160 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Batu saluran kemih merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di air seni. Batu ini paling sering terbentuk didalam ginjal atau ureter (saluran kemih yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih). Namun dapat juga terbentuk dalam kandung kemih ataupun uretra (saluran yang menghubungkan antara kandung kemih dan alat kelamin). 

Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan air seni tanpa menimbulkan keluhan. Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.

Tindakan yang dilakukan adalah observasi untuk melihat apakah batu tersebu tdapat keluar dengan sendirinya melalui air seni dengan ditunjang oleh minum yang banyak. Apabila batu tersebut tidak dapat keluar sendiri, maka tindakan yang dilakukan adalah intervensi bedah.

Tindakan bedah yang dilakukan adalah Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) dengan menggunakan getaran gelombang atau Percutaneus nephrolithotomy dengan pembedahan terbuka.

Untuk lebih lanjut, anda dapat membaca artikel kami mengenai Batu ginjal di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/76

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar