Sukses

Jambu biji, pocari, madu tingkatkan trombosit?

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 3 tahun.
APAKAH MADU MURNI. POCARI SWEET, JAMBU BIJI BISA MENINGKATKAN JUMLAH TROMBOSIT DARAH?( perempuan, 3 thn,64 cm,28 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Saya perkirakan pertanyaan anda mengarah ke dalam masalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dimana terjadi penurunan jumlah trombosit. Demam berdarah atau demam berdarah dengue adalah penyakit demam akut yang ditemukan di daerah tropis akibat dari 4 serotipe virus dan  disebarkan kepada manusia melalui nyamuk Aedes aegypti.

Penurunan kadar trombosit disebabkan oleh aktivasi kompleks antigen-antibodi  yang menyebabkan agregasi (perlekatan) trombosit dan kerusalan sel endotel dari pembuluh darah. Perlekatan trombosit ini akan dihancurkan oleh tubuh sehingga mengakibatkan jumlah trombosit menurun.

Terapi untuk DBD adalah cairan. Cairan dalam arti kata segala macam cairan untuk mengisi ruang pembuluh darah yang dikhawatirkan telah mengalami kerusakan sehingga plasmanya merembes keluar. Jambu biji disarankan untuk diberikan dikarenakan jambu tersebut mengandung banyak cairan, jadi bukan karena jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit. Pocari sweat tidak dianjurkan karena pocari sweat terlalu asam bagi lambung dikarenakan larutannya yang terlalu pekat akan jumlah elektrolit. Belum pernah ada penelitian yang menyatakan bahwa madu dapat meningkatkan jumlah trombosit.

Saya ulang lagi bahwa Inti dari terapi DBD adalah CAIRAN, apapun jenis cairannya. Jadi rumor yang beredar mengenai jambu biji, pocari, dan madu dapat meningkatkan jumlah trombosit adalah tidak benar. Yang benar adalah kita harus menjaga asupan cairan dari pasien selama periode demam berdarah (untuk menghindari terjadinya shock) dan secara alami pada hari ke-6 dan ke-7 di dalam siklus demam berdarah, trombosit akan naik perlahan-lahan dengan sendirinya (apabila tidak ada komplikasi).

Saya harap keterangan saya diatas dapat memberikan penjelasan yang anda inginkan. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai Demam Berdarah Dengue pada URL link di bawah ini :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/218

https://www.klikdokter.com/illness/detail/219

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter.

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar