Sukses

Kerak pada gigi?

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Pria, 22 tahun.
Sakit pada gigi gigi berlubang dan cara menghilangkan kerak 1. bgaimana cara menghilangkan kerak pada gigi? 2. kalau gigi berlubang apakah perlu di cabut atau ada cara lain? terima kasih.( laki-laki, 22 thn,179 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara yang Terhormat,

Saya berasumsi bahwa yang Anda maksud dengan kerak pada gigi adalah kalkulus (karang gigi). Kalkulus tidak dapat dibersihkan sendiri oleh pasien dengan sikat gigi karena keras dan cukup kuat melekat pada permukaan gigi. Bila pasien mencoba untuk mencongkel kerak, dikhawatirkan dapat terjadi infeksi atau peradangan pada gusi, yang bisa disebabkan oleh alat yang tidak steril.

Jadi sebaiknya Anda datang ke dokter gigi yang dapat membersihkan kalkulus dengan scaler ultrasonik, alat ini dapat membersihkan kalkulus tanpa merusak email gigi dan lebih nyaman bagi pasien dibandingkan bila scaling (pembersihan karang gigi) dilakukan secara manual dengan hand instrument.

Mengenai lubang gigi, pencabutan adalah pilihan terakhir bila gigi sudah benar-benar tidak dapat dipertahankan. Selama masih sesuai indikasi, gigi tersebut ditambal. Bila lubang gigi sudah terlalu dalam hingga mencapai pulpa, harus dilakukan perawatan saluran akar baru nantinya gigi akan dibuatkan restorasi yaitu inlay, onlay, atau mahkota tiruan sesuai dengan banyaknya jaringan gigi yang hilang.

Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar