Sukses

ISK dan gangguan kesuburan

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selamat pagi Dokter... Saya sudah 5 tahun menikah tetapi belum dikarunia anak, pada waktu masih kuliah (usia 22 tahun) saya pernah sakit infeksi pada saluran kencing. Selama ini saya memang belum pernah periksa ke Dokter, karena suami saya fobia dengan rumah sakit. pertanyaan saya, apakah ada hubungannya riwayat penyakit saya dengan saya yang sulit untuk hamil dan bagaimana cara saya membujuk suami saya agar mau periksa kedokter dan menghilangkan fobianya terhadap rumah sakit. Terima kasih.... ( perempuan, 28 thn,160 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Infeksi saluran kemih umumnya dapat sembuh dengan sempurna apabila ditatalaksana dengan benar. Apabila tidak ditatalaksana sempurna, ISK dapat menimbulkan komplikasi batu ginjal, kerusakan pada ginjal, penyebaran infeksi, dan gangguan berkemih. Apabila terjadi pada saat hamil, ISK dapat menyebabkan kelahiran prematur, Bayi dengan berat badan rendah, dan gangguan ginjal pada janin. Jadi komplikasi ke organ reproduksi sangat jarang terjadi atau tidak pernah dilaporkan.

Mengenai fobia yang dialami suami ibu, fobia adalah ketakutan yang berlebih terhadap sesuatu hal. Umumnya fobia terjadi karena adanya masalah dasar atau pengalaman buruk yang berkaitan dengan hal tersebut, dalam kasus suami ibu adalah rumah sakit. Mungkin saja di waktu kecilnya suami ibu memiliki pengalaman buruk di rumah sakit. Untuk mengatasi fobia yang dilakukan adalah mencari permasalahan dasar dan diatasi. Apabila tidak dapat dilakukan sendiri atau dengan pasangan maka dapat dibantu dengan psikolog.

Untuk berkonsultasi ke dokter dan memeriksakan kesuburan saat ini dapat juga tidak perlu ke rumah sakit. Saat ini sudah banyak klinik kesuburan yang berdiri sendiri. Mungkin salah satu solusi untuk tidak ke rumah sakit adalah mendatangin klinik kesuburan. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar