Sukses

Herpes pada kehamilan

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 24 tahun.
Pagi Dok,,, saya ingin menanyakan kepada dokter saat ini saya menderita herpes dibagian kelamin dan pantat tapi hanya satu sisi disebelah kiri saja,, lalu dokter memberikan saya salep acyclovir 5% semestinya saya diberikan obat minum anti virus tp saya saat ini sedang mengandung 1 1/2 bulan dok jadi dokter trsbt tidak berani memberikan saya obat trsbt. Saya bener2 menderita bgt dgn keadaan ini krn sebelumnya saya blm pernah terkena penyakit trsbt.Rasanya perih,sakit dan gak nyaman bagi saya dok.. Saya baca di internet apakah betul air garam membantu penyembuhan juga dok? lalu berapa lama saya bisa sembuh dok sedangkan penyakit trsbt berada di daerah lembab?untuk berjalan aja saat sudah mengalami kesulitan krn sakit yg luar biasa di daerah pantat dok,, Apakah ada cara efektif lagi dok supaya bisa cepet sembuh?? lalu saya harus konsultasi ke dokter kulit dan kelamin atau dokter kandungan dok?( perempuan, 24 thn,158 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Saya dapat memahami kekhawatiran anda. Tentunya ada merasa tidak nyaman dengan timbulnya keluhan herpes tersebut.

Sebagian besar perempuan yang terekspos virus herpes simpleks sebenarnya dapat membuat antibodi terhadap virus tersebut sehingga tidak menimbulkan keluhan sama sekali. Namun saat hamil, sistem pertahanan tubuh menurun dan gejala dapat timbul. Hal ini dapat berulang sebanyak 3 kali selama kehamilan.

Berdasarkan rekomendasi dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), pengobatan antiviral harus diberikan pada setiap insiden herpes, termasuk yang terjadi pada ibu hamil. Antiviral yang tersedia antara lain acyclovir, famcyclovir, dan valacyclovir. Penggunaan acyclovir pada ibu hamil dapat dikatakan aman. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan pada 1000 ibu hamil yang terekspos acyclovir. Pengobatan acyclovir selama kehamilan trimester awal tidak meningkatkan angka kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Konsumsi obat antiviral tersebut dipercaya sudah dapat mengatasi keadaan ini, namun dokter anda mungkin memiliki pertimbangan lain dalam memberikan terapi tersebut.

Bagaimanapun, sekali terinfeksi, virus herpes simpleks akan tetap berada dalam tubuh anda dalam bentuk laten dan suatu saat dapat kambuh kembali saat daya tahan tubuh anda sedang menurun.  Yang dimaksud dengan sembuh di sini terbatas pada menghilangkan gejala dan memperlambat kekambuhan. Pengobatan dengan air garam pun hanya dapat menjaga lukanya tetap kering, bukan untuk menyembuhkan infeksinya. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh anda dengan cukup istirahat dan menerapkan pola hidup sehat, diantaranya adalah pola makan sehat dan olahraga teratur.  Dan sebaiknya suami anda juga menjalani terapi yang sama mengingat virus ini dapat menular melalui hubungan seksual. Diskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda. Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol atau asam mefenamat untuk mengurangi nyerinya.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar