Sukses

Hasil test pack meragukan

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dokter bilang kehamilan saya negatif padahal hasil testpeck masih dua strip merah. Saya di kasi obat pospargin katanya buat pembersih yg saya minum selama 3 hari. Setelah itu yg saya rasakan badan sakit semua. Apa ini dampak minum pospargin? Kok tidak ada darah yang keluar?( perempuan, 31 thn,150 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tanda pasti kehamilan adalah:

  1. Terasa bagian janin dan balotement serta gerak janin pada palpasi
  2. Terdengar bunyi jantung janin (BJJ) pada auskultasi (dengan alat Doppler mulai minggu ke 9 – 10 kehamilan)
  3. Terlihat gambaran janin dengan menggunakan ultrasonografi (USG) atau scanning.

Saya menduga, bahwa dokter Ibu sudah memastikan tidak adanya kehamilan dengan pemeriksaan ultrasonografi. Dengan pemeriksaan ultrasonografi, kantung gestasi sudah dapat dilihat sejak minggu ke-4 kehamilan, sedangkan janin itu sendiri sudah dapat dilihat sejak minggu ke-5 kehamilan. Atau sudah dilakukan pemeriksaan kadar ß-hCG di laboratorium.

Hormon ß-hCG dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% wanita. Semakin besar usia kehamilan, kadar ß-hCG yang dihasilkan semakin meningkat, dan kemungkinan didapatkannya hasil positif semakin besar. Pada usia kehamilan 3 minggu kadar B-HCG sudah mencapai 18-7340 IU/L, dengan demikian kemungkinan hasil positif yang didapatkan pada test pack semakin besar. Namun, seringkali hasil test pack menunjukkan hasil positif palsu, artinya menunjukkan tanda positif, padahal tidak ada kehamilan, karena itulah, hasil tersebut sebaiknya dikonfirmasikan pada dokter.

Keadaan yang dapat menunjukkan hasil positif pada test pack selain kehamilan (positif palsu), antara lain:

1. Hamil kimia
Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka haid. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata haid tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.

2. Waktu pemeriksaan
Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan
akan membuat tes menjadi positif, misal: terlalu lama.

3. Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif seperti:

  • pemakaian HCG untuk terapi kesuburan dan diet
  • Obat diuretik dan obat anti Parkinson
  • Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin 
  • Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes


4. Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan HCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan HCG dll.

Mengingat banyaknya faktor yang menyebabkan, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

Jika memang terjadi kehamilan kemudian terjadi keguguran, kadar hormon ß-hCG akan menurun secara bertahap (bisa sampai 4 - 6 minggu, tergantung kadar hormon sebelumnya), sehingga pemeriksaan test pack yang dilakukan masih bisa menunjukkan hasil yang positif.

Seperti yang telah dituliskan pada jawaban e-konsultasi sebelumnya, pospargin (methylergometrin) diindikasikan salah satunya pada ibu hamil yang mengalami keguguran. Keguguran atau abortus terdiri dari beberapa tahapan, dan yang terakhir adalah abortus komplitus dimana seluruh jaringan telah keluar. Pemberian methylergometrin tersebut merangsang kontraksi rahim, sehingga dapat mengeluarkan sisa jaringan, jika masih ada yang tertinggal.

Sedangkan mengenai keluhan badan sakit, Ibu perlu mendeskripsikan lebih lengkap mengenai keluhan ini.: bagian mana yang sakit (tulang atau sendi), apakah disertai demam atau gejala lainnya, dll. Menurut saya keluhan tersebut tidak berhubungan dengan riwayat minum methyergometrine.

Untuk lebih jelasnya, ada baiknya Ibu berkonsultasi pada dokter yang merawat Ibu. Jika kurang jelas, tanyakanlah pada dokter tersebut, karena beliau yang lebih mengetahui keadaan Ibu pada saat itu. Jangan ragu untuk bertanya apapun yang mengganjal pada hati Ibu.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar