Sukses

Kelainan Jantung Bawaan

20 Oct 2014, 10:00 WIB
Wanita, 32 tahun.
Yth Team Dokter, Almarhumah Putri Pertama kami memiliki Kelainan jantung bawaan yaitu PDA,VSD dan suspect IAA berdasarkan hasil Echo. Saat ini saya sedang hamil kembali dan usia kandungan 8 minggu.Sehubungan dengan riwayat Almarhumah Putri kami sebelumnya ,dengan ini kami coba mengajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut : 1.mohon informasinya untuk pemeriksaan apa yang harus saya lakukan agar nantinya bayi yang dilahirkan dapat normal tanpa ada kelainan apapun atau segala sesuatunya bisa di deteksi dari awal .Jika ada ,bisa dilakukan dimana dan biaya untuk pemeriksaannya? 2.Apakah kelainan jantung bawaan ini keturunan dikarenakan anak pertama kakak kandung suami saya juga meninggal saat umur 8 bulan dikarenakan Kelainan jantung bawaan dan Down sindrome lalu Kakak no 1 dari Saya juga meninggal usia 2 bulan karena kelaina jantung bawaan juga . 3.Saya sering telapak kaki terasa lembab / basah .Apakah itu gejala ada penyakit Jantung atau apa yah dok? Terima kasih ( perempuan, 32 thn,155 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya mengerti bahwa hal ini telah membuat Ibu khawatir. Kelainan jantung kongenital atau bawaan dapat terjadi pada siapapun. Dari 1000 kelahiran, 8 bayi memiliki bentuk kelainan jantung tertentu, sebagian besar dalam keadaan ringan.

Apa yang menyebabkan kelainan ini? Seringkali penyebabnya tidak diketahui. Walaupun penyebab defek diperkirakan berhubungan dengan genetik, hanya beberapa gen yang telah ditemukan yang dikaitkan dengan adanya kelainan jantung bawaan. Namun, adanya riwayat kelainan jantung bawaan pada keluarga memang meningkatkan risiko kehamilan dengan janin yang mengalami defek atau kelainan jantung juga. Pada kasus Ibu, riwayat adanya kelainan jantung bawaan ini pada keluarga serta pada kehamilan pertama Ibu sendiri, risiko pada kehamilan sekarang ini pun  bisa lebih tinggi. Penyebab lain yang jarang ditemukan berhubungan dengan konsumsi beberapa jenis obat atau terjadinya beberapa jenis infeksi sewaktu hamil.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang banyak mengandung atau suplemen asam folat sebelum dan sesudah terjadinya pembuahan (kehamilan), dapat mengurangi risiko timbulnya defek jantung janin sebesar 20%. Sedangkan deteksi adanya defek jantung dapat dilakukan pada usia kehamilan 18 - 22 minggu dengan bantuan ultrasonografi (USG). Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan echocardiography dengan doppler. Adanya alat ini memungkinkan penilaianfunsi jantung dan kecepatan serta arah aliran darah pada ruang-ruang jantung, melewati katup atrioventrikular dan semilunar, serta pada aorta dan pembuluh darah paru. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh dokter yang berpengalaman dan umumnya pada Rumah Sakit besar rujukan.

Jika kelainan atau defek jantung terdeteksi. Dokter dapat mempertimbangkan tindakan operasi setelah bayi lahir atau perlu dilakukan tindakan saat janin masih di dalam rahim. Namun, tindakan koreksi defek jantung saat janin masih di dalam rahim masih merupakan tindakan eksperimental atau dalam penelitian. Dengan kemajuan teknologi serta teknik operasi, tingkat keberhasilan operasi jantung pada bayi atau anak dengan kelainan jantung bawaan tinggi.

Telapak tangan atau kaki yang sering berkeringat belum tentu merupakan tanda gangguan jantung. Keadaan ini disebut juga hiperhidrosis lokal (mempengaruhi hanya bagian tubuh tertentu). Hiperhidrosis lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi. Jadi, keringat yang berlebihan hanya di kedua telapak tangan dan/atau di kedua telapak kaki, tanpa disertai keluhan gejala-gejala gangguan jantung atau gejala sistemik lain, kemungkinan hiperhidrosis tersebut hanya disebabkan oleh rasa cemas saja.

Saya menyarankan Ibu untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi pertama (usia kehamilan 18 - 22 minggu) oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang berpengalaman, jika bisa yang memiliki subspesialisasi fetomaternal.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar