Sukses

Gigi rapuh

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dok, saya punya masalah dengan gigi saya yang termasuk rapuh, karena gampang sekali bolong dan berkarang. saya punya 2 gigi geraham sisa akarnya saja di bag. atas dan bawah dan saya ingin mencabut. cuma saya dengar jika mencabut gigi bagian atas akan berbahaya karena menyangkut syaraf2. jadi saya sampe sekarang takut untuk mencabutnya. jadi bagaimana menurut dokter baiknya. Trims( perempuan, 27 thn,150 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Kekhawatiran Anda banyak dialami oleh pasien-pasien lain, namun sebetulnya tidak terlalu beralasan. Pencabutan gigi atas yang dilakukan sesuai dengan prosedur, meski gigi tersebut tinggal akarnya saja) umumnya tidak akan menimbulkan masalah. Dalam kondisi normal, artinya tidak ada infeksi, pencabutan gigi atas tidak membahayakan persyarafan lain di sekitar gigi misalnya mata. Bila gigi sedang infeksi, dokter gigi yang merawat tentu tidak akan langsung mencabut gigi Anda namun Anda akan diresepkan obat minum terlebih dulu. Setelah infeksi reda baru gigi dicabut sehingga resiko tersebut menjadi sangat kecil.

Saran saya, gigi yang berlubang apalagi yang tinggal akarnya saja sebaiknya jangan lama-lama dibiarkan. Meski tidak menimbulkan keluhan sakit karena gigi tersebut telah mati, namun gigi tersebut masih bisa menjadi tempat masuknya kuman dan pada kondisi tertentu bisa jadi terjadi infeksi kembali di masa datang.

Sebetulnya sisa akar gigi dapat dikerjakan oleh dokter gigi umum, namun bila Anda ingin lebih yakin Anda dapat konsultasi ke dokter gigi spesialis Bedah Mulut (drg. Sp.BM).

Demikian saran saya, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar