Sukses

Mengapa saya belum hamil?

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 35 tahun.
Saya sdh 25 bln menikah tp belum hamil juga.Siklus haid saya 26-28 hari. Kapan tepatnya masa subur saya? terakhir haid tgl 1 februari 2009. Apakah keluarnya flek coklat di celana dihitung sebagai hari pertama haid? Biasaya saya haid didahului dgn adanya flek coklat di celana selama 2 hari dan baru pada hari ke-3 keluar darah segar. Perlu diketahui, saya telah melakukan test HSG dan suami test sperma, hasil keduanya dinyatakan bagus oleh dokter. Mohon saran dari dokter apa yg harus kami lakukan agar bisa cepat punya momongan. terimaksih atas jawabannya.( perempuan, 35 thn,153 cm,40 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Di dalam merencanakan kehamilan, terdapat beberapa hal yang dapat Ibu lakukan, diantaranya adalah :

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

  • Melakukan hubungan intim pada waktu yang tepat

  • Lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

Masa subur anda adalah 14 hari plus minus 2 hari sebelum Hari Pertama Haid Berikutnya. Jadi apabila Hari Pertama Haid Terakhir anda adalah 1 Februari 2009, maka haid berikutnya akan datang pada tanggal 27 Februari - 1 Maret 2009 (siklus 26-28 hari). Maka masa subur anda berkisar 13-15 Februari 2009, plus minus 2 hari. Pada masa subur inilah hubungan intim perlu ditingkatkan.

Flek coklat pada saat awal menstruasi sudah dihitung sebagai Hari Pertama menstruasi. Karena seluruh pemeriksaan ibu berada di dalam batas normal (apakah ibu juga sudah memeriksakan kadar hormonal?). Ubah gaya hidup  menjadi lebih sehat, melakukan saran-saran yang saya berikan di atas, dan jangan lupa selalu berdoa kepada yang Diatas. Apabila perlu, ibu dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dengan sub infertilitas atau mengunjungi klinik infertilitas di rumah sakit besar. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar