Sukses

Dosis vitamin B12

20 Oct 2014, 10:55 WIB
Pria, 28 tahun.
saya membaca artikel kedokteran tentang rambut uban yang timbul diusia muda, dan saya termasuk diantara gejala-gejala tersebut seperti gejala anemia dan rambut beuban. Setelah saya mengkonsumsi vit-b12 selama 1bulan alhamdulillah gejala anemia berangsur-angsur mereda. Saya mengkonsumsi vit-b komplek dari ipi 2 tablet ditambah 2 tablet 50mcg sehari. Berapa takaran yang dianjurkan dalam mengkonsumsi vitamin tersebut? Apakah rambut yang putih dapat menjadi hitam kembali? Bagaimana kalau vitamin yang disuntikan? terimakasih, salam ( laki-laki, 28 thn,182 cm,68 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Rambut beruban pada usia muda dapat disebabkan karena stres, kurang vitamin, atau keturunan. Gangguan karena kelainan metabolisme, kelaianan kekebalan tubuh, kelainan hormonal, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal dapat meningkatkan jumlah uban di kepala.

Vitamin B12 diperlukan untuk memproduksi jumlah yang adekuat untuk sel darah merah di sumsum tulang. Recommended Dietary Allowances (RDAs) atau rekomendasi dosis untuk dewasa (dalam kondisi sehat) adalah 2,4 mcg/hari. Asupan suplemen yang dianjurkan akan tergantung dari kondisi masing-masing pasien, dilihat dari usia, anemia (berat/sedang/ringan), penyakit dasar, dll. Suplemenatasi akan bervariasi dari 25-1000 mcg, tergantung dari masing-masing kebutuhan.

Apabila penyebab dari uban tersebut adalah defisiensi vitamin B12, maka apabila kekurangan vitamin tersebut dikoreksi, maka produksi melanin, pigmen rambut, akan kembali normal. Rambut yang putih akan rontok dan akan tumbuh kembali rambut yang hitam.

Terapi defisiensi (kekurangan) vitamin B12 memang dapat dilakukan secara oral dan injeksi intramuskular, tergantung masing-masing kasus. Terapi oral vitamin B12 cukup efektif. Beberapa penelitian menunjukkan hampir tidak didapatkan perbedaan kadar vitamin B12 di tubuh dengan asupan oral maupun injeksi.. Injeksi atau suntikan meskipun aman dan tidak mahal namun memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah nyeri ketika disuntikkan, pemberian suntikan harus oleh tenaga kesehatan, dan penambahan biaya terapi. Selama asupan suplemen oral efektif maka tidak diperlukan tambahan injeksi. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar