Sukses

Alergi Alopurinol

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Pria, 35 tahun.
Saya menderita asam urat, terakhir saya periksa lab kadar asam uratnya mencapai 10. yang menjadi masalah, saya alergi dengan alopurinol, sehingga selama ini saya tidak berani minum obat yg mengandung alopurinol. pertanyaannya obat apakah yang cocok buat saya?yang bisa mengurangi kadar/produksi asam urat saya. terima kasih atas jawaban yg akan diberikan.( laki-laki, 35 thn,165 cm,97 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat disebabkan oleh produksi yang berlebih dalam tubuh atau ekskresinya yang berkurang melalui urin. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingginya kadar asam urat dalam darah, antara lain:

  • Obat-obatan yang biasanya digunakan dalam penanganan tekanan darah tinggi, seperti aspirin dan diuretik
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Konsumsi kafein yang berlebihan
  • Faktor keturunan (genetik)
  • Penyakit Hodgkin
  • Kanker darah putih (leukemia)
  • Vitamin B3
  • Obesitas
  • Psoriasis
  • Diet tinggi purin


Untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh Bapak, Bapak perlu menghindari faktor-faktor risiko yang telah disebutkan di atas dan menangani penyakit yang mungkin menjadi dasar tingginya kadar asam urat. Jika Bapak dalam pengobatan tekanan darah tinggi, perlu dilakukan penyesuaian dosis. Bapak perlu memperhatikan fungsi ginjal karena berpengaruh dalam pengeluaran asam urat serta dalam pengobatan. Berdasarkan tinggi dan berat badan Bapak, perhitungan Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index) Bapak termasuk ke dalam kategori obesitas. Karena itu perlu dilakukan penurunan berat badan dengan cara olahraga maupun pengaturan makanan.

Bapak juga perlu menghindari dan/atau mengurangi makananan yang mengandung purin. Makanan yang mengandung purin terbagi menjadi 3 golongan:

  • Golongan A (purin 150-1.000 mg): Jeroan, Hati, ginjal, otak, jantung, ginjal, paru, udang, remis, kerang, cumi, kepiting, sardin, herring, ekstrak daging, abon, dendeng, ragi (tape), alkohol, makanan dalam kaleng.
  • Golongan B (purin 50-150 mg ): Daging sapi, ikan laut, kacang-kacangan, bayam, kembang kol, jamur, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Golongan C (purin 0-15 mg): Sayuran, buah-buahan, keju, susu, telur, oncom, sereal.


Bila kadar asam urat Bapak lebih dari ukuran normal (di atas 7 mg/dl), hindari mengkonsumsi golongan A & membatasi makanan golongan B. Bila kadar asam urat melebihi 10 mg/dl, disertai pembengkakan sendi, hindari makanan golongan A & B. Jenis makanan yang relatif aman untuk dikonsumsi yaitu golongan C. Karena itu, untuk sementara ini (kadar asam urat 10 mg/dl), sebaiknya Bapak menghindari konsumsi makanan golongan A & B.

Untuk membantu menurunkan kadar asam urat, dapat diberikan beberapa pengobatan. Probenecid dan allopurinol. Probenecid membantu dalam eleminasi asam urat melalui urin, sedangkan allopurinol mengurangi pembentukan asam urat dalam tubuh (xantin oxidase inhibitor). Karena Bapak alergi allopurinol, dapat digunakan oxypurinol yang memiliki efek yang sama dengan allopurinol. Oxypurinol memang diindikasikan untuk penanganan kadar asam urat yang tinggi pada pasien yang tidak toleran terhadap atau alergi terhadap allopurinol, dengan efektivitas yang hampir sama. Pemberian obat-obat ini harus dalam pengawasan dokter. Karena itu, jangan takut untuk berkonsultasi dengan dokter Bapak untuk mendapatkan penanganan yang paling sesuai untuk Bapak.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar