Sukses

Kedinginan dan Migren

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 34 tahun.
YTH Ts, sekitar kurang lbh 2 mg,saya sering mengalami kedinginan,hampir sepanjang hari,terlbh di daerah kaki dan sering mengalami migrain.kira2 apa yang mesti saya lakukan?terima kasih atas sarannya ( perempuan, 34 thn,163 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Beberapa orang memang memiliki sensitiitas tertentu terhadap rasa dingin, tergantung masing-masing orang tersebut. Apalagi dengan keadaan cuaca akhir-akhir ini yang hujan terus-terusan disertai temperatur udara yang relatif dingin. Rasa dingin itu juga lebih dirasakan pada bagian kaki atau bagian yang paling perifer/jauh dari tubuh. Cara mengatasinya tentu saja dengan menggunakan pakaian yang agak tebal atau kaus kaki, banyak bergerak, dan makan makanan dalam jumlah yang cukup agar pembakaran kalori juga meningkat. Rasa kedinginan dapat juga disebabkan oleh adanya infeksi, seperti infeksi virus, dimana pengaturan suhu tubuh mengalami gangguan jika mengalami demam atau suhu tubuh hangat. Namun, seharusnya infeksi virus bersifat swasirna, atau dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Walaupun demikian, tidak ada salahnya Ibu meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan makanan yang bergizi, mengkonsumsi suplemen vitamin juga diperlukan, dan istirahat yang cukup.

Sedangkan dalam mengatasi migren, Ibu perlu mengidentifikasi apa-apa saja yang mencetuskan serangan migren tersebut. Pencetus-pencetus biasanya berupa: bau-bau tertentu, perubahan pola tidur, telat makan, stress psikis ataupun fisik, asap rokok, makanan-makanan tertentu seperti yang mengandung MSG. Setelah itu sebaiknya Ibu menghindari pencetus-pencetus tersebut. Sedangkan untuk mengatasi nyerinya, dapat diberikan obat sakit kepala yang mengandung anti-nyeri asetaminofen (seperti paracetamol) atau ibuprofen dengan kandungan kafein juga. Kafein memiliki manfaat mengkonstriksi pembuluh darah, sehingga dapat membantu dalam mengatasi migren yang disebabkan oleh tertekannya ujung saraf pada selaput otak akibat pelebaran pembuluh darah yang terjadi.

Jika sakit berlanjut atau obat bebas yang diminum tidak lagi efektif, sebaiknya Ibu berobat ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat migren yang dapat dibeli dengan resep dokter, seperti ergotamin. Ergotamin juga memiliki efek konstriksi pembuluh darah serta menghambat transmisi saraf trigeminal.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar