Sukses

Perhitungan Masa Subur

20 Oct 2014, 10:13 WIB
Wanita, 21 tahun.
saya menikah baru 8 bulan, menstruasi saya yang terakhir tgl 5 januari 2009. biasanya lama menstruasi saya 5-6 hari tapi sering maju antara 1-5 hari. yang saya tanyakan kapan saya terjadi menstruasi lagi.apakah saya sudah telat datang bulan?bagaimana cara penghitungannya?sebab saya ingin sekali hamil.trims( perempuan, 21 thn,165 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Siklus menstruasi yang normal adalah 21 - 35 hari. Jadi, jika biasanya menstruasi Ibu maju 1 - 5 hari, berarti siklus menstruasi Ibu adalah 23 - 27 hari. Siklus menstruasi yang maju atau mundur sampai 1 minggu masih dalam batas normal. Jadi, saat ini belum bisa dibilang bahwa Ibu telat datang bulan.

Dalam memepersiapkan kehamilan, perlu diperhatikan siklus menstruasi Ibu. Ibu perlu mencatat tanggal-tanggal menstruasi Ibu selama 3 bulan terakhir atau 3 bulan ke depan. Dari situ bisa diketahui secara pasti siklus menstruasi Ibu. Yang dimaksud dengan siklus menstruasi adalah sejak hari pertama menstruasi sampai 1 hari sebelum menstruasi yang berikut. Masa subur, yaitu ketika sel telur dilepaskan dari indung telur adalah pada pertengahan siklus. Sel telur akan bertahan sampai 24 jam. Jadi, masa subur adalah 2 hari sebelum sampai 2 hari sesudah sel telur tersebut dikeluarkan.

Siklus menstruasi Ibu adalah 23 - 27 hari, maka kira-kira pengeluaran sel telur terjadi pada hari ke 11 - 13 siklus menstruasi Ibu. Dan masa suburnya antara hari ke 9 - 15 siklus menstruasi. Jika terakhir kali Ibu menstruasi tanggal 5 Januari 2009, masa subur Ibu pada adalah pada tanggal 13 - 21 Januari 2009. Pada masa itulah Ibu sebaiknya melakukan hubungan intim dengan suami.

Masa subur juga dapat diprediksi dari peningkatan suhu basal tubuh. Suhu tubuh biasanya meningkat saat terjadinya ovulasi sampai beberapa hari sesudahnya.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar