Sukses

Jantung Berdebar-debar

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 26 tahun.
Pagi Dok, Saya mau nanya udah 15 hari ini jantung saya selalu berdebar - debar,,padahal saya tidak merokok,, kira - kira ada gejala apa ya dok?,,untuk saat ini saya belum periksa ke dokter di daerah saya, Terimaksih .......( perempuan, 26 thn,163 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Beberapa obat yang dijual bebas memang mempunyai efek samping membuat jantung terasa berderbar-debar, contohnya adalah obat yang mengandung kafein (bersifat stimualan) seperti obat-obat migren, yang mengandung antihistamin (obat alergi), mengandung pseudoefedrin (obat pilek), suplemen-suplemen diet, obat-obat herbal, dsb. Ibu perlu membuat daftar obat-obat mana saja yang membuat jantung Ibu terasa berdebar-debar, dan untuk sementara tidak mengkonsumsinya. Hindari juga merokok, minum alkohol, minum-minuman yang mengandung kafein seperti kopi, minuman soda, coklat, dll.

Apakah jika tidak minum obat, keluhan berdebar-debar masih bisa muncul? Apakah ada keluhan lemas? Berdebar-debar juga dapat disebabkan karena gangguan keseimbangan elektrolit dalam tubuh, karena gangguan tiroid, atau gangguan pada jantung itu sendiri. Selain itu, keluhan ini juga dapat disebabkan karena adanya rasa ansietas atau was-was.

Penyebab-penyebab lain tersebut perlu disingkirkan. Karena itu Ibu sebaiknya berobat ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut, termasuk pemeriksaan fisik (tiroid atau kelenjar gondok, bunyi jantung, dsb), pemeriksaan elektrokardiogram (EKG), pemeriksaan darah tertentu seperti elektrolit.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar