Sukses

Kelainan di sendi rahang

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 19 tahun.
dokter.. tolongin dong. waktu bangun tidur tiba2 rahang saya yg sebelah kiri sakit, mo buka mulut susah.. bunyi krek..krek..gitu dok.. sampe sekarang dah sekitar 3 bulanan.. udah agak mendingan sih tapi tetap aja mulut saya gak bisa di buka lebar.. kira2 bisa sembuh sendiri gak dok??kalo bisa gmna caranya... ato mesti periksa ke dokter ya.. ( perempuan, 19 thn,168 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang terhormat,

Meski keterangan yang Anda berikan kurang jelas, namun dapat diasumsikan bahwa ada kelainan di sendi rahang Saudari.

Yang penting adalah menelusuri riwayatnya, sehingga dapat diketahui apa penyebabnya. Kelainan sendi rahang dapat disebabkan oleh beberapa hal, kemungkinannya di antaranya adalah :

  • Susunan gigi yang tidak normal sehingga gigitan antara gigi atas dan bawah tidak pas. Bila ada sesuatu yang menghalangi gigi Anda untuk terkatup dengan normal, otot dan sendi rahang akan sedikit bergeser untuk beradaptasi dan mencari posisi yang nyaman untuk menggigit. Akibatnya lama kelamaan akan terjadi kelainan sendi rahang, dan sakit kepala ringan hingga berat.
  • Kebiasaan buruk, di antaranya kebiasaan tidur hanya pada satu sisi wajah yang menekan bantal, kebiasaan mengerat gigi pada saat tidur (namun hal ini biasanya terjadi di luar kesadaran pasien, kesalahan posisi saat bekerja misalnya saat menghadap komputer selama berjam-jam, dan lain-lain yang membuat sendi rahang bekerja berlebihan sehingga dapat terjadi keletihan dan kekakuan pada otot dan sendi rahang.
  • Penyakit degeneratif yang menyerang sendi rahang, misalnya keganasan atau karena usia dan penyakit autoimun.

Anda perlu mencermati adakah salah satu dari yang Saya sebut diatas terjadi pada Anda. Dan umumnya keadaan ini memerlukan perawatan, terlebih karena gejalanya sudah cukup berat di mana Anda sudah sulit membuka mulut.

Saya kira Anda dapat berkonsultasi ke dokter gigi spesialis prosthodonti (drg. Sp.Pros) atau ke drg spesialis bedah mulut (drg. Sp.BM), dan perawatannya akan sangat bergantung kepada penyebab dari kelainan sendi rahang Anda. Jangan ditunda terlalu lama, segera konsultasikan keluhan Anda.

Demikian penjelasan saya, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar