Sukses

Suka makan es batu, jadi sakit gigi?

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 20 tahun.
Sakit pada gigi siang dok.... gigi saya kan sudah berlubang sejak usia 15 tahun, tapi akhir-akhir ini sering sakit dan gusinya bengkak besar. padahal sejak usia 15 tahun (pada saat baru berlubang) tidak pernah sakit gigi. apa yang terjadi ya dok???apa ada hubungannya dengan hobi saya yang suka makan es batu???? terima kasih atas jawabannya. ( perempuan, 20 thn,161 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang terhormat,

Lubang pada gigi itu merupakan suatu proses, dimana terjadi penghancuran mineral dalam jaringan keras gigi sedikit demi sedikit oleh asam yang dihasilkan bakteri kariogenik. Proses ini tentu memakan waktu yang tidak sebentar, tidak mungkin gigi langsung berlubang dan hancur dalam waktu sekejap. Proses karies juga dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti pola makan, kebersihan gigi dan mulut, ketahanan tubuh, dan waktu.

Mengapa gigi berlubang bisa sakit? Karena proses karies (lubang gigi) sudah lanjut, lubang gigi sudah dalam, dan mencapai rongga pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf. Bisa jadi pada saat Anda berusia 15 tahun memang sudah terjadi lubang tapi masih dangkal sehingga belum menimbulkan keluhan. Seiring berjalannya waktu, lubang makin dalam dan mungkin pola makan Anda berubah sehingga lebih kondusif bagi pertumbuhan bakteri. Akibatnya gigi yang lubang tersebut baru terasa sakit setelah sekian lama Anda sadar bahwa sudah ada karies pada gigi itu.

Hubungan dengan es batu mungkin tidak secara langsung. Bila Anda terbiasa menggigit-gigit es batu, berarti Anda memberikan tekanan kunyah yang cukup besar pada gigi geligi Anda, tidak terkecuali gigi Anda yang karies itu. Bila gigi berlubang besar, lebih mudah patah bila menerima tekanan kunyah sehingga membuat rongga pulpa lebih terekspos dengan lingkungan mulut dan peka terhadap rangsangan seperti suhu makanan (panas maupun dingin).

Gusi yang bengkak besar di ujung akar gigi itu menunjukkan bahwa infeksi sudah berjalan lebih lanjut. Anda harus segera mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Gigi tersebut saya kira sudah tidak bisa langsung ditambal biasa tapi harus dirawat saluran akar, yang umumnya perawatannya membutuhkan lebih dari 1 kali kunjungan.

Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu Anda.

Drg.Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar