Sukses

Menstrual migrain

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 27 tahun.
Siang dok, mo tanya nih,kenapa yah setiap kali sebelum dan saat menstruasi saya selalu mengalami sakit kepala yang luar biasa disertai nyeri pada tengkuk dan punggung tapi sakitnya hanya sebelah saja. dan saya selalu harus mengkonsumsi obat pereda sakit,sebab kalau tidak minum obat saya tidak akan bisa beraktivitas. apakah hal ini normal? dan bahayakah bila selau mengkonsumsi obat perda sakit kepala (saya biasa minum 1x sehari), dan bagaimana cara menghilangkan rasa sakit itu tanpa mengkonsumsi obat pereda sakit. terima kasih jawabannya dok( perempuan, 27 thn,150 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Nyeri kepala sebelah pada saat menstruasi merupakan salah satu bagian dari Sindroma Premenstruasi yaitu menstrual migrain. Sindroma premenstruasi (PMS) adalah gejala yang merupakan kombinasi dari fisikal distress, psikologikal, dan atau perubahan tingkah laku dimana gejala tersebut sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Yang sebaiknya dilakukan apabila PMS datang adalah modifikasi gaya hidup menjadi lebih sehat. Penurunan konsumsi kafein (kopi) juga dapat menurunkan ketegangan, kecemasan, dan insomnia (sulit tidur).  Pola makan disarankan lebih sering namun dalam porsi kecil. Berolahraga juga baik untuk menurunkan stres.

Apabila gejala sindroma premenstruasi begitu hebatnya sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, umumnya modifikasi gaya hidup jarang berhasil dan perlu dibantu dengan obat-obatan. Efek samping terjadi apabila obat nyeri dikonsumsi secara berlebihan. Tidak akan ada masalah apabila dikonsumsi hanya 1x/hari. Anda dapat membaca mengenai Sindroma Premenstruasi di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/127

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar