Sukses

Obat asma sebabkan kejang?

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 16 tahun.
Dok, saya mw tny. Saya punya riwayat asma dan akn kmbh kl trkn dingin dan makan pedas jg debu atw rokok. Nah setiap kambuh saya d ksh obat teosal tp stlh pakai obat itu bdn saya mulai kejang-kejang selama stngh jam. Apakah itu berbahaya jika digunakan terus menerus? Dan hrs pakai obat apa spy hlng. Dan setiap makan pedas selalu daerah punggung terasa panas dan dingin, itu knp dan apa obatny?( perempuan, 16 thn,154 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (wheezing) dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan, yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari pengerutan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti. Namun faktor risiko yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah, allergen (zat yang menyebakan alergi), merokok, dan iritasi zat kimia. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat di control dengan tata laksana yang tepat.

Teosal berisikan Salbutamol sulfate 1 mg, theophylline 150 mg dengan efek samping tremor, berdebar-debar, takikardi (detak jantung menjadi lebih cepat), sakit kepala, mual, dan muntah. Tidak ada disebutkan efek samping dari obat ini adalah kejang. Saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk mencari penyebab dari kejang yang anda alami. Dikhawatirkan adanya gangguan di otak atau saraf yang menyebabkan anda menjadi kejang.

Pengobatan untuk asma adalah menghindari pencetus. Selanjutnya dapat diberikan obat untuk mengendalikannya, dapat berbentuk tablet ataupun inhaler. Hal ini harus dikonsultasikan ke dokter untuk memperoleh dosis obat yang tepat untuk anda. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai asma di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/154

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar