Sukses

Gigi bolong dan sakit kepala

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat siang,dok!...saat ini saya sedang hamil anak ke 2, 1 bulan yang lalu saya mengalami sakit kepala, yang disebabkan oleh gigi saya yang bolong, dokter kandungan saya menyarankan untuk segera menambal gigi saya segera...saya datang ke dokter gigi, dan beliau bilang gigi saya harus perawatan selama 4 x berturut2 dengan jangka waktu 1 minggu sekali, pada waktu ke 4, dokter gigi tersebut menambel gigi saya, yang saya tanyakan kenapa gigi saya menjadi linu ya dok sampai saat ini? apa mungkin ini terjadi karena saya sedang hamil? terima kasih atas jawabannya( perempuan, 26 thn,155 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Berdasarkan keterangan Ibu, saya mengasumsikan bahwa Ibu sedang dirawat saluran akar (endodontik). Perawatan ini memang tidak dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan, maka dari itu dokter gigi yang merawat mengatakan Ibu harus datang 4 x berturut-turut 1 minggu sekali.

Gigi yang harus dirawat saluran akar salah satu indikasinya adalah lubang gigi yang sudah mencapai ruang pulpa yang berisi pembuluh darah dan syaraf, seperti pada gigi Ibu. Gigi bisa jadi masih vital atau sudah betul-betul non vital (sudah mati). Bisa jadi syaraf gigi Ibu masih vital sebagian, sehingga selama perawatan berlangsung masih terasa nyeri. Pembersihan saluran akar memang cukup sulit, oleh karena itulah dibutuhkan kunjungan lebih dari satu kali.

Rasa linu tersebut bisa saya katakan bukan dikarenakan Ibu sedang hamil, jadi Ibu tidak perlu khawatir. Dapat saya sarankan Ibu patuhi jadwal pertemuan dengan dokter gigi yang merawat agar perawatan dapat cepat diselesaikan.

Demikian penjelasan saya, terima kasih.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar