Sukses

Gerak Janin

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 27 tahun.
saat ini saya sedang hamil dgn usia kandungan 30 minggu...gerakan bayi saya begitu aktif sehingga terkadang menimbulkan kekagetan bagi saya mgkn krn ini br kehamilan saya yg pertama dan saya baru merasakannya...yg ingin saya tanyakan apakah wajar tendangan2 bayi saya yg begitu hebatnya???( perempuan, 27 thn,168 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada umumnya, janin memiliki irama sirkardian aktivitas, dan cenderung lebih aktif pada malam hari, mulai triwulan kedua. Tidak jarang janin cegukan, dan janin dapat lebih aktif sekitar 1 jam setelah ibunya makan karena ada peningkatan kadar gula darah ibu. Pergerakan janin merupakan salah satu indikasi kesehatan janin. Rata-rata gerak janin dalam satu jam adalah 4 - 6 kali, namun tiap janin dan Ibunya berbeda-beda. Tiap ibu sebaiknya mengidentifikasi pola sehari-hari dan jumlah gerak janin pada tiap-tiap kehamilannya. Perubahan pada pola atau jumlah gerak yang signifikan (berkurang) dapat menjadi indikasi janin dalam keadaan stress. Jadi yang terutama perlu Ibu perhatikan adalah bila ada perubahan pola dan penurunan jumlah gerak janin dari biasanya. Dalam keadaan ini Ibu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Peningkatan gerak janin merupakan tanda-tanda janin yang aktif dan sehat. Pola pergerakan akan berubah selama kehamilan karena ruang gerak janin yang semakin sempit seiring pertumbuhannya.

Namun, ada beberapa literatur yang menyebutkan, pada triwulan terakhir, khususnya, perlu diperhatikan bila gerak janin sangat aktif atau hebat secara tiba-tiba, apalagi bila setelah itu tidak ada pergerakan lagi. Kemungkinan terbentuknya simpul karena gerakan janin bisa terjadi. Namun, hal ini jarang terjadi. Yang dapat Ibu lakukan adalah mencatat/mengidentifikasi pola dan jumlah gerak janin Ibu setiap hari. Caranya adalah:

  • Pilih waktu dimana gerak janin biasanya paling aktif (umumnya malam hari)
  • Tiduran dalam posisi miring kiri atau kanan
  • Makan atau minum sebelum mulai menghitung (gerak janin dipengaruhi adanya peningkatan kadar gula darah ibu)
  • Jangan merokok karena berbahaya untuk janin. Setelah merokok biasanya gerak janin akan berkurang sampai 90 menit.
  • Hitung gerak janin yang ada, baik berupa perputaran, tendangan, pergerakan besar maupun kecil
  • Jika Ibu tidak merasa adanya gerakan, taruh tangan di atas perut dan 'lihat' jika ada pergerakan
  • Lihat jam dan mulai hitung gerakan
  • Setiap kali janin bergerak, beri tanda pada secarik kertas sampai mencapai 10 gerakan

Jika selama 2 jam tidak tercapai 10 kali gerakan, ulangi selama 2 jam lagi. Jika setelah 2 jam kedua pergerakan tidak mencapai 10 kali, sebaiknya Ibu menghubungi dokter Ibu. Ketentuan lain adalah jika selama 8 jam tidak ada pergerakan sama sekali, atau selama 12 jam kurang dari 10 gerakan, hubungi dokter.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar