Sukses

Sunat perempuan

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Pria, 27 tahun.
sore dok, saya mau bertanya.sebentar lagi saya akan mempunyai anak yang setelah di usg adalah perempuan. yang saya ingin tanyakan apakah anak perempuan harus disunat? bagaimana pandangan mengenai sunat untuk perempuan dari segi kedokteran.terima kasih.( laki-laki, 27 thn,165 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Sunat pada laki-laki memang terbukti secara medis menguntungkan. Lapisan kulit penis yang tidak disunat terlalu panjang, sehingga sulit dibersihkan. Jika tidak dibersihkan, akan terkumpul kotoran yang disebut juga smegma. Terkumpulnya kotoran ini sering menimbulkan infeksi pada penis, sehingga berbahaya bukan saja pada pria tersebut, namun juga terhadap perempuan yang menjadi pasangannya. Bahkan berdasarkan penelitian, tindakan sirkumsisi pada anak laki-laki menurunkan risiko terinfeksi HIV. Penelitian tersebut menemukan bahwa virus HIV menyerang sel-sel spesifik pada bagian dalam kulit penis tersebut. Sel-sel itu memiliki reseptor HIV, sehingga lebih rentan terhadap infeksi.

Berlawanan dengan praktik sunat pada pria, pada perempuan tidak ada manfaat medis yang ditemukan, bahkan justru dapat merugikan anak perempuan tersebut. Konsekuensi yang langsung dapat ditemukan berhubungan dengan nyeri yang hebat, perdarhan hebat, kesulitan dalam BAK, infeksi, dan konsekuensi psikologis. Efek jangka panjangnya adalah nyeri kronik, infeksi, kista dan abses, bahkan penurunan kesuburan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WHO, melibatkan 28.000 perempuan, perempuan yang mengalami sunat memiliki peningkatan risiko partus atau melahirkan yang tidak spontan. Terdapat peningkatan insiden kelahiran per abdominam (sectio cesaria) dan perdarahan pasca kelahiran. Risiko ini meningkat seiring dengan tingkat beratnya sunat pada perempuan. Saat ini petugas medis tidak lagi diperbolehkan melakukan sunat pada anak perempuan.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar