Sukses

Hidung anak mampet

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 32 tahun.
pagi dok... anak saya laki2 (10 bln) klo lagi pilek hidungnya sering mampet, trus klo dah mampet gt sering saya tetesi breathy... yg mo saya tnyakan ada gak efek sampingnya klo sering ditetesi breathy?? trus klo bayi itu mengeluarkan lendir hidungnya dari mana??? ada yg blg ngeluarinnya lewat muntah ato feses, tapi anak saya klo lagi pilek jarang muntah, trus klo lewat feses saya perhatikan fesesnya gak berlendir... gmana nih dok... thx...( perempuan, 32 thn,160 cm,69 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Saya dapat memahami kekhawatiran Ibu. Breathy Drops mengandung NaCl 0,9% yang merupakan cairan steril garam fisiologis, fungsinya  dalam hal ini adalah dilusi atau mengencerkan lendir hidung. Cairan ini juga digunakan sebagai cairan infus ataupun pembersih luka. Jadi, tidak ada efek sampingnya pada tubuh.

Pada bayi, lendir hidung yang tertelan memang dapat menyebabkan feses yang sedikit berlendir, namun feses yang tidak berlendir bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Ibu justru perlu mempertanyakan bila fesesnya berlendir, karena bisa saja terdapat intoleransi makanan atau infeksi, apalagi jika disertai perubahan warna, konsistensi feses, disertai darah, dan frekuensi BAB-nya meningkat.

Tindakan Ibu memberikan tetes hidung untuk mengurangi gejala hidung mampet sudah benar. Umumnya penyebab pilek pada anak adalah virus, sehingga tidak diperlukan pemberian antibiotik, dan dapat ditangani sendiri di rumah. Selain obat tetes hidung, dapat diberikan obat-obat lain sesuai indikasi, seperti obat penurun panas jika terdapat demam. Namun, jika pileknya sudah lebih dari 10 hari atau warna berubah menjadi kuning kehijauan dan lebih kental, kemungkinan telah terjadi infeksi bakteri, jadi Ibu perlu membawa ananda ke dokter untuk diperiksa dan ditatalaksana lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar