Sukses

Ingin membesarkan otot

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Pria, 21 tahun.
Dok, saya sedang program fitnes.... benarkah untuk konsumsi protein program pembentukan otot adalh 2 g kali jumlah berat badan (BB), berarti untuk saya sekitar 102 g tiap harinya? Kemudian untuk telur berapa gram kandungan protein nya? Apakah ad batasan jumlah konsumsi telur tiap harinya? Dan kalau boleh saya ingin minta daftar kandungan protein dari jenis-jenis makanan, misal telur, ayam, susu, dll... Terima kasih atas perhatiannya...( laki-laki, 21 thn,173 cm, 51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kebutuhan protein orang dewasa normal sehat adalah berkisar 0.8-1.2 g/kgBB. Pada kondisi tertentu kebutuhan protein bisa lebih rendah atau juga bisa lebih tinggi. Untuk anda yang ingin membesarkan otot, konsumsi protein 2 g/kgBB boleh saja, tetapi sebaiknya anda mengecek kadar ureum dan kreatinin darah terlebih dahulu (hasilnya harus dalam batas normal).

Mengenai kandungan protein jenis makanan tertentu yang anda tanyakan adalah:
  1. Kadar protein dalam telur adalah 6-7 g/hari dan hanya terdapat dalam putih telurnya,. Kuning telur terutama mengandung kolesterol sebesar 200 mg. Batas asupan kolesterol yang sehat adalah 300mg/hari.
  2. Daging sapi seberat 35 g, ikan segar 40 g dan udang 35 g, susu full krim 6 sdm, susu skim 4 sdm mengandung 7 g protein
  3. Tahu 1 buah besar dan tempe 2 potong sedang mengandung 5 g protein
  4. Nasi 3/4 gelas, roti 2 lembar juga mengandung 4 g protein.
Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu.
 
Terimakasih,
 
(Dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK)

    0 Komentar

    Belum ada komentar