Sukses

Pengaruh hormon terhadap fertilisasi

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Pria, 18 tahun.
apa saja pengaruh hormon terhadap fertilisasi?( laki-laki, 18 thn,165 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Untuk mengetahui pengaruh hormon terhadap fertilisasi, anda harus terlebih dahulu mengerti mengenai fisiologi menstruasi. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel kami mengenai Fisiologi menstruasi di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/171

Mengenai pengaruh hormon terhadap fertilisasi, senada dengan pengaruh hormon terhadap siklus menstruasi. FSH yang dikeluarkan oleh hipofisis merangsang perkembangan folikel-folikel di dalam ovarium. Pada umumnya hanya 1 folikel yang terangsang namun dapat perkembangan dapat menjadi lebih dari 1, dan folikel tersebut berkembang menjadi folikel de graaf yang membuat estrogen. Estrogen ini menekan produksi FSH, sehingga hipofisis mengeluarkan hormon yang kedua yaitu LH.

Produksi hormon gonadotropin (FSH dan LH) yang baik akan menyebabkan pematangan dari folikel de graaf yang mengandung estrogen. Estrogen mempengaruhi pertumbuhan dari endometrium. Di bawah pengaruh LH, folikel de graaf menjadi matang sampai terjadi ovulasi. Setelah ovulasi terjadi, dibentuklah korpus rubrum yang akan menjadi korpus luteum, di bawah pengaruh hormon LH dan LTH (luteotrophic hormones, suatu hormon gonadotropik). Korpus luteum menghasilkan progesteron yang dapat mempengaruhi pertumbuhan endometrium agar mempersiapkan kehamilan.

Apabila terjadi pembuahan, maka korpus luteum akan terus mengahsilkan progesteron yang berguna untuk menjaga lingkungan rahim (endometrium) agar sesuai dengan tempat berkembangnya janin. Korpus luteum akan digantikan perannya oleh plasenta pada minggu ke 10-12 kehamilan.

Sekian penjelasan saya, semoga dapat dimengerti. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar