Sukses

Keputihan dan infeksi saluran kemih

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 16 tahun.
bagaimana cara mengobati keputihan? pada saat buang air kecil, kemaluan terasa sakit itu karena faktor apa? terima kasih.( perempuan, 16 thn,158 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Yang dimaksud fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita akibat dari perubahan hormonal ketika menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.

Untuk mengatasinya sebaiknya dengan sering berganti celana dalam 3x/hari, namun diperhatikan juga bahwa celana dalam jangan yang berbahan nilon, lebih baik katun karena bahan nilon akan menimbulkan hawa lembab, keringkan kemaluan setelah BAB dan BAK dengan menggunakan handuk, dan jaga kebersihan alat kemaluan. Apabila keputihan berlanjut maka konsultasikanlah ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar diterapi lebih lanjut. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi memerlukan pengobatan sesuai dengan kuman penyebabnya.

Nyeri saat berkemih dapat merupakan pertanda adanya Infeksi Saluran Kemih. Hal ini mudah terjadi pada wanita karena saluran kemih (uretra) wanita yang pendek dan ditunjang dengan kurangnya  menjaga kebersihan di daerah kemaluan. Yang perlu dilakukan untuk saat ini adalah banyak minum air putih (1,5-2 L) sehari untuk mengeluarkan bakteri dari saluran kemih. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar