Sukses

Robekan kemaluan pasca melahirkan, dijahit?

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 24 tahun.
Pada waktu melahirkan saya di bantu dukun beranak karena masih jauh dari perkiraan persalinan berat anak saya waktu itu 4 kg setelah 2 hari baru ke bidan katanya harus ke rumah sakit untuk di jahit karena antara vagina dan anus cuma terhalang selaput, skarang anak saya udah 2 tahun tp msh jg sering nglu klo bersegama lalu saya periksa ke dokter kandungan katanya rahimnya bagus gak da kelainan cuman memang luka bekas melahirkannya harus tetap di jahit yang mo saya tanyakan apakah ada cara lain selain harus di jahir ulang, apakah ada obat untuk mambantu rasa sakit pabila bersegama? trima kasih ( perempuan, 24 thn,158 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Mungkin yang ibu perlu dipahami disini adalah nyeri ketika melakukan senggama disebabkan adanya perlukaan atau robekan pada vagina sampai dengan bibir anus. Bagaimana cara mengatasi robekan? Kita analogikan seperti baju yang robek bagian punggungnya, bagaimana mengatasinya? Jawabannya sama, dijahit.

Melihat anak ibu yang cukup besar, 4 kg, dan proporsi tubuh ibu yang kecil (Indeks Massa Tubuh = 19,63), maka kemungkinan robekan yang terjadi cukup panjang (apalagi bila ini adalah anak yang pertama). Akan sulit bagi luka untuk menutup secara primer (tanpa bantuan jahitan).

Mungkin ibu timbul pertanyaan kenapa 2 tahun luka tidak sembuh-sembuh? hal itu terjadi karena lokasi robekan berada pada daerah kemaluan dan anus yang seringkali basah ketika BAK dan BAB sehingga daerah tersebut mengalami kelembaban terus menerus sehingga sulit untuk sembuh atau menyatu sendiri tanpa bantuan dari jahitan.

Obat untuk rasa sakit apabila bersenggama? jawabannya tidak ada, pengobatan untuk menyembuhkan luka secara sempurna dan menghilangkan rasa nyeri untuk selamanya adalah dengan dijahit. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar