Sukses

Perubahan pola menstruasi

20 Oct 2014, 09:57 WIB
Wanita, 22 tahun.
Dok saya meu tanya, dulu waktu saya masih berusia belasan tahun atau masih duduk di bangu SMA waktu menstruasi saya bisa sampai 1 minggu dalam 1 bulan dan dalam waktu 1 minggu darah menstruasinya selalu banyak baru hari ke-8 mulai sedikit. tapi sekarang setelah saya berusia 21 kok waktu menstruasi mulai pendek hanya 3 hari saja dan hari ke 3 juga darah menstruasinya bisa dikatakan sedikit sekali. apakah itu normanl dok? terus apakah mempengaruhi masa kesuburan juga dok?sekarang saya belum menikah. apakah itu bisa menyebabkan masa menopuse dini dok. solusinya bagaiman ya dok kalau hal tersebut tidak normal. terima kasih.( perempuan, 22 thn,157 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Penelitian menunjukkan wanita dengan siklus mentruasi normal hanya terdapat pada 2/3 wanita dewasa, sedangkan pada usia reproduksi yang ekstrim (setelah menarche <pertama kali terjadinya menstruasi> dan menopause) lebih banyak mengalami siklus yang tidak teratur atau siklus yang tidak mengandung sel telur.

Jadi keluarnya darah haid selama 3 hari yang anda miliki masih termasuk di dalam kategori normal. Hal tersebut tidak akan mempengaruhi kesuburan dan tidak akan menyebabkan menopause dini, Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai Fisiologi Menstruasi di :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/171

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar